32 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Timses Diduga Monopoli Bantuan BNPB

MANADOPOST.ID— Masyarakat pesisir Selatan BMR mengaku resah dengan beredarnya bantuan bahan pangan tambahan bagi nakes dan non nakes, bukan untuk aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pasalnya, menurut kesaksian warga, bantuan tersebut diduga disalurkan langsung oleh salah satu tim sukses (Timses) Paslon Bupati dan Wakil Bupati Riston Mokoagow dan Selvia van Gobel (Riski).

Berdasarkan pantauan Manado Post, bantuan tersebut dikemas dalam kantong berwarna putih bertuliskan BNPB, berisikan 1 bungkus kacang ijo, 1 bungkus kacang tanah, 2 ikan kaleng dan 1 tepung terigu.

Saat dikonfirmasi, Kabid Kedaruratan dan Logistik Syarifudin Suterto mengaku pihak BPBD Bolsel tidak tahu sama sekali perihal bantuan tersebut. “Engga tau, tidak ada komunikasi dan konfirmasi penyaluran bantuan tersebut,” tegas Suterto, saat di temui di ruang kerjanya, selasa (20/10) kemarin.

Lanjutnya, untuk bantuan Covid-19 dan banjir bandang belum lama ini, dari BNPB pihaknya telah menyalurkan semuanya. “Untuk bantuan dari BNPB, sejauh ini tetap diberikan melalui Pemerintah Kabupaten Bolsel, dalam hal ini BPBD,” terangnya.

Ditambahkannya, ini sejalan dengan Peraturan Kepala BNPB No 25 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pertanggungjawaban Bantuan Logistik Penaggulangan Bencana bahwa setiap bantuan logistik dari tempat asal sampai ke penerima harus dibawah koordinasi dan kendali Kepala BPBD. “Hal ini, untuk menertibakan penyaluran bantuan, agar tetap satu pintu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kaban BPBD Bolsel Daanan Mokodompit mengakui telah berkoordinasi dengan BNPB.  “BNPB akan turun, mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Intinya bantuan BNPB tidak melibatkan tim pemenangan maupun pasangan calon Bupati,” tegas Mokodompit.

Selain itu, dia pun menghimbau masyarakat untuk mengawal penyaluran bantuan tersebut. “Demi mencegah penyelewangan bantuan, masyarakat pun mempunyai hak mengawasi,” tukasnya.

Terpisah, ketika awak media menanyai perihal bantuan tersebut kepada salah satu LO pasangan Riski Jamal Razak mengaku kurang tahu persis, mungkin sebaiknya konfirmasi ke pengurus Nasdem Bolsel. “Supaya lebih jelas. Kalau saya tahu detailnya pasti saya sampaikan, info jelasnya,” singkatnya.

Hingga berita ini diturunkan Ketua DPD NasDem Bolsel Muhammad Paputungan saat dihubungi dinomor ini +62 812-445XXXX, tak tersambung, di hubungi melalui pesan WhatsApp pun tidak aktif, hanya ceklis satu saja. (ctr-03/ayu)

-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.