29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

Pengelolaan Sampah Tak Becus, Warga Protes

MANADOPOST.ID—Masyarakat sekitar terus menyuarakan perpindahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Pinolantungan Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel). Pasalnya, dampak dari tidak difungsikan dengan baik TPA tersebut, mulai dirasakan warga.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pinolantungan melakukan peninjauan langsung di lokasi TPA tersebut, pekan kemarin.

Pada kesempatan itu, Ketua BPD Nolvianti Kasim, menyampaikan bahwa peninjauan ini, dalam rangka merespon keluhan serta aspirasi masyarakat. “InsyaAllah dalam waktu dekat ini pihaknya, akan menyurati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPRD Bolsel,” beber Kasim, saat turun langsung ke TPA.

Lanjutnya, pihaknya meminta secepatnya merespon keluhan dan aspirasi masyarakat agar menutup dan memindahkan TPA ini, ke lokasi yang lebih layak. “Tempat ini sudah tidak layak untuk dijadikan TPA,” pintanya.

Di tempat yang sama, sejumlah warga menyambut antusias peninjauan yang dilakukan BPD. “Terima kasih atas, atas perhatian BPD,” ucap warga yang enggan dipublish namanya.

Diungkapkannya, tanggul pasangan batu di lokasi sudah banyak yang rusak diterjang longsor, kala musim penghujan tahun lalu. “Karena itu, dikhawatirkan lokasi tersebut longsor dan menimpa pemukiman warga yang kurang lebih berada 150 Meter dibawah TPA tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh, Geomembran yang dipakai pengalas TPA, banyak yang rusak. “Geomembran ini, patut diperbaiki, sebab bisa berdampak mencemari lingkungan,” keluh warga.

Bukan hanya itu saja, pengolahan sampah di TPA itu, tidak diperhatikan. “Pasalnya banyak sekali sampah plastik disitu, kan seharusnya dipisahkan sampah basah dan plastik,” semprotnya.

Karena, sampah plastik itu tidak mudah dihancurkan, artinya ini berisiko menyumbat pipa yang ada dibawah Geomembran. “Resikonya besar, bisa saja penyumbatan hingga air yang dari pipa meluap ke pemukiman warga. Dan berdampak pada kesehatan serta pencemaran lingkungan,” keluhnya lagi.

Seharusnya, sebelum masuk TPA, katanya sampah harus diproses pada tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R). “Guna memilah sampah plastik dan basah,” sebutnya. (ctr-03)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru