25 C
Manado
Kamis, 6 Agustus 2020

Sudah 10 Hari Pasca Bencana, Warga Korban Banjir dan Longsor Tak Dapat Bantuan

MANADOPOST.ID—Kurang lebih sepuluh hari pasca banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), beberapa masyarakat yang terdampak belum menerima bantuan.

Hal ini diakui salah satu warga Desa Luwoo Kecamatan Posigadan Rolin Podu. Dia mengatakan,  hingga hari ini (kemarin) belum pernah menerima bantuan. “Saya salah satu warga yang terdampak longsor. Dan sampai ini, belum dapat bantuan dari pemerintah,” ujar Podu Senin (22/6) kemarin.

Menurut dia, bencana yang dialaminya ini menyebabkan dinding rumahnya runtuh. “Longsor  meruntuhkan bagian dapur dan dinding kamar kami,” keluhnya.

Ayah dua anak ini menceritakan pasca longsor, mereka mengungsi tidur di rumah kakaknya. “Sampai sekarang, kami kalau malam tidur di rumah kakak. Yah, saat ini kami belum bisa membangun akibat kendala anggaran,” katanya.

Dia berharap, agar pemerintah bisa membantu meringankan beban bencana ini. “Dinding kami yang runtuh terbuat dari beton. Sehingga membutuhkan kurang lebih 350 batako,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel Daanang Mokodompit menjelaskan, memang saat ini bantuannya belum disalurkan. “Karena, masih sementara proses, sebab BPBD tidak ada stok Sembako, dan dana bantuan itu bersumber dari Dana Tak Terduga (DTT),” jelas Mokodompit.

Lanjutnya, untuk mencairkan DTT harus membuat pernyataan tanggap bencana, dan pihaknya telah mengurusi itu. “Kalau pun anggarannya didapat, kami mempertimbangkan tengah menghadapi pandemi Covid-19. Jadi kami sementara koordinasi dengan Sekretaris Kabupaten mengenai hal ini,” jelasnya.

Dia membeber, berdasarkan data yang diterima warga yang terdampak sekitar 1.141 Kepala Keluarga yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Posigadan, Kecamatan Bolaang Uki, dan Pinolosian. “Tim dari BPBD saat turun mengambil dokumentasi juga meminta data dari pemerintah desa,” tukasnya. (ctr-03/ite)

-

Artikel Terbaru

Cek Data Pemilih, Kowaas: Nomor Bebas Pulsa

Pendataan pemilih menjadi hal krusial demi suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Jika Ada Kecurangan Pilkada, Soputan: Lapor di Aplikasi Gowaslu

Peran teknologi informasi turut mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada.

OD Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Gerakan Kibar Serentak Merah Putih

Gerakan Kibar Serentak Merah Putih oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) yang dimulai sejak 1-31 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 masih belum tersosialisasi dengan baik.

Airmadidi Banjir Bantuan SGR-PDM

Kepedulian Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Petrus Defni Macarau (PDM) untuk warga Minahasa Utara (Minut) tak hanya isapan jempol semata. Mengawali bulan kemerdekaan, SGR dan PDM terus turun langsung membagikan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

MEP Nahkodai Golkar Minsel

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minsel resmi memiliki nahkoda baru. Seperti diketahui dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar ke-IV, yang digelar pada Senin (3/8) kemarin, bertempat di Hotel Sutanraja Amurang, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, resmi menahkodai Golkar Minsel.