26C
Manado
Senin, 19 April 2021

TPA di Bolsel Segera Dipindahkan, DLH Minta Warga Bersabar

BOLSEL- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Desa Pinolantungan, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), akan segera dipindahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sugeng Purwono mengatakan, memang sudah ada rencana perpindahan TPA tersebut, sejak tahun lalu kala longsor terjadi. “Kami sudah konsultasi dengan pihak Balai/Satker sarana prasarana pemukiman Provinsi Sulut,” jelas Purwono.

Dijelaskannya, lagi di tahun ini tahapan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ini merupakan bukti, keseriusan Pemkab Bolsel. “Jadi, tahun ini usulan anggaran untuk pengadaan lahan TPA pada renja 2022, nantinya dituangkan pada renstra DLH tahun 2021-2026. Penetapan lokasi TPA juga harus berkoordinasi dengan Tata Ruang yg tahun ini juga dalam tahap revisi RTRW,” tegasnya.

Sambungnya, pengadaan lahan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD kabupaten. “Sedangkan usulan pembangunan TPA lewat APBN, yang mengusulkan dinas PU Praskim ke kementerian PU lewat balai/Satker sarana prasarana pemukiman,” urainya lagi.

Di sisi lain, dikatakannya bahwa pemindahan TPA ini, membutuhkan proses pengkajian yang panjang. Sebab, pembangunan ini membutuhkan anggaran yang besar. “Sehingga pihaknya membutuhkan kucuran anggaran dari APBN. InsyaAllah, tak ada aral melintang ketika lahan sudah dipastikan, maka pihak Balai akan membangun TPA yang baru,” urainya.

Ditambahkannya, karena itu pihaknya memohon maaf kepada masyarakat sekitar TPA. “Maaf, minta tolong masyarakat agar bersabar. Ini menjadi salah satu prioritas kami DLH,” tukasnya. (ctr-03)

Artikel Terbaru