25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Hari Ini, 17 Ribu Warga Salurkan Hak Suara di 45 TPS

MANADOPOST.ID—Pemungutan suara Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak 27 Desa di Kabupaten Bolsel harus kondusif.

Hal ini menjadi salah satu topik dalam rapat Koordinasi Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilsang serentak Kabupaten Bolsel, yang dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Marzanzius Arvan Ohy dan diikuti para Asisten Setda, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Camat.

“Tujuan rapat ini agar penyelenggaraan pilsang diharapkan dalam situasi kondusif, aman dan lancar.” ujarnya mewakili Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru.

Dia menekankan, selain kondusifitas Desa penyelengara Pilsang, turut pula ditegaskan soal penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19 saat hari pemungutan dan perhitungan suara.

“Terkait penerapan Protkes Covid-19 juga sangat penting.” tegas Arvan sapaan akrab Sekkab Bolsel.

Dia memaparkan pelaksanaan Pilsang kali ini diselenggarakan di 27 Desa yang ada di tujuh Kecamatan. “Jumlah peserta Pilsang sebanyak 72 calon Sangadi,” urainya.

“Sebanyak 17.055 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menyalurkan hak suaranya di 45 TPS,” Sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolsel, Ekafrie Van Gobel mengatakan untuk mekanisme penyelenggaraan Pilsang ini telah sesuai dengan amanat Permendagri No. 72 Tahun 2020. “Terkait teknis pelaksanaannya semua mengacu pada regulasi yang ada,” ungkap Gobel.

Ditambahkannya, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara akan digelar hari ini (26/4) . “InsyaAllah hari ini pemungutan dan perhitungan suara bisa berjalan aman,” katanya.

Dia pun berharap, dalam Pilsang serentak ini masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam suksesi agenda politik di tingkat Desa tersebut. “Ingat, nasib desa dan masyarakat selama 6 tahun ada ditangan masyarakat, jadi berikan hak pilihnya,” tandasnya. (Romansyah/Ayurahmi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru