32C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

Vaksin Covid-19 Tuai Pro dan Kontra! Pemerintah Harus Yakinkan Warga

MANADOPOST.ID–Kabar Vaksin wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang hari ini, akan tiba di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), tuai pro kontra di tengah masyarakat. Karena, sebagian masyarakat yang takut, akan disuntik Vaksin Covid-19 ini.

Masyarakat menilai, Vaksin Covid-19 ini, akan menyebabkan efek samping, sebab kami bingung melihat di media sosial (Medsos), ada beberapa pejabat yang tak mau di Vaksin.

“Intinya, kami masih takut untuk divaksin,” ujar sejumlah masyarakat, kepada Manado Post, Rabu (27/1) kemarin.

Hal serupa, dikatakan salah satu warga berinisial DB yang mengatakan, bahwa untuk sekarang dirinya pun tidak mau divaksin. “Kalau sekarang pak, saya tidak mau divaksin, karena kondisi saya saat ini sehat wal Afiat,” ucapnya.

Lebih jauh katanya, jikalau kemudian hari, saya masuk rumah sakit, terus gejalanya seperti Covid-19, maka saya siap untuk divaksin.

“Sejauh ini, saya percaya dengan adanya wabah ini. Akan tetapi, saya yakin Covid-19 tidak menakutkan seperti yang beredar, intinya taat protokol kesehatan. Ini, merupakan bentuk ikhtiar, sisanya serahkan kepada Tuhan yang Maha Esa,” ungkapnya, sembari menambahkan pro kontra yang terjadi di masyarakat merupakan Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah agar warga Bolsel percaya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Sadly Mokodongan, mengatakan Vaksin Covid-19, akan tiba di pesisir Selatan BMR terjadwal hari Kamis (28/1). “InsyaAllah tak ada aral melintang, vaksin akan sampai pada hari kamis besok,” ucap Mokodongan.

Lanjutnya, kurang lebih 1500 vaksin yang akan di distribusikan oleh Pemprov Sulut. “Alhamdulilah, Bolsel kebagian vaksin 1500 dosis,” terangnya.

Ditambahkannya, vaksin kloter pertama ini diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dan pejabat Forkopimda. “Tahap pertama ini Vaksin diprioritaskan untuk Nakes dan pejabat,” terangnya.

Terkait persiapan vaksininator, sejauh ini katanya pihak Dinkes telah siap. “Terbukti belum lama ini Puskesmas (PKM) Molibagu sebagai salah satu lokasi utama di Bolsel nanti, sudah melakukan simulasi vaksinisasi wabah dari Wuhan ini,” bebernya.

Senada, Bupati Hi. Iskandar Kamaru menuturkan, jika hasil pemeriksaan kesehatannya memenuhi syarat, maka sebaiknya vaksin itu disuntikkan pertama ke tubuhnya.

“Saya siap menjadi orang pertama disuntik vaksin (di Bolsel). Ini semua demi rakyat Bolsel, demi meyakinkan masyarakat atas upaya pemerintah yang ingin melindungi seluruh warganya dari Covid-19,” tandasnya. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru