29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Viral! Warga Boltim Diminta Tanda Tangan Surat Dukungan dengan Iming-iming Uang

BOLTIM, MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Praktik money politics (politik uang) diduga mulai dipraktikkan secara masif dan terstruktur oleh salah satu kandidat Pilkada Boltim. Praktik itu terbongkar ketika ada warga yang berani membeberkan praktik tersebut dengan menyiarkan secara langsung di media sosial (medsos).

Warga itu membeberkan bahwa dia didatangi salah satu tim dari pasangan calon (paslon) untuk dimintai data dengan iming-iming akan diberikan uang. Warga itu pun diminta mengisi surat pernyataan dukungan untuk salah satu kandidat yang identik dengan slogan Boltim Bersinar.

Tapi setelah data diberikan dan surat pernyataan dukungan ditandatangani, uang yang dijanjikan tidak kunjung diberikan.

Warga itu berang karena merasa tertipu. Dia pun meluapkan kekesalannya dengan menyiarkan secara langsung via akun facebooknya.

“Dia bilang ngoni suka balipa? Kalo mo balipa mo dapa doi. Isi kata tu berkas kong tanda tangan. Kong dia somo bawa ka Nuangan mo kase pa Ali,” sebut warga itu dalam video siaran langsung sambil menunjukkan bukti surat pernyataan.

“Kita merasa tersipu. Karena kita pe data-data dorang so ambe kase masuk pa Oppo,” katanya.

Penelusuran media ini, sudah banyak warga yang diminta oleh tim salah satu kandidat itu untuk menandatangani surat pernyataan. Semuanya pun diiming-iming sejumlah uang. Namun tidak diberikan utuh. Umumnya diberikan panjar dan sisanya dilunasi setelah pencoblosan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando SHut ketika diminta tanggapan mengatakan, pihaknya sementara menelusuri kasus tersebut.

“Sementara ditelusuri kebenarannya. Dan jika itu benar kami akan memprosesnya ke proses penindakan pelanggaran sesuai dengan prosedur dan mekanisme Bawaslu,” ujarnya via WhatsApp. (can)

 

-

Artikel Terbaru

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango membenarkan pihaknya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.