26 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Pjs Bupati Boltim Tanggapi Postingan Sofyan Alhabsy: Jangan Buat Tuduhan Tidak Berdasar

BOLTIM – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Boltim Christiano Talumepa langsung mengklarifikasi postingan Sofyan Alhabsy di akun Facebook pada Rabu 3 Oktober 2020.

Diketahui, dalam postingan itu, anggota DPRD Boltim ini mengkritik Talumepa terkait rumah dinas.

“Pelecehan terhadap peradaban Bolmong ketika dijemput dengan adat saat pulang lakukan secara diam-diam,” sebut Alhabsy dalam postingan pertamanya.

“Ini pejabat Bupati, susah-susah ada sewa akang rumah sampe isi akang perabutan cuman beberapa hari so pindah rumah deng samua. Ingat samua masih aset daerah,” postingnya lagi.

Terkait hal itu, Talumepa menegaskan, dia tidak pulang seperti yang dituduhkan Alhabsy dalam status Facebook.

“Saya tidak pulang, saya menghindar dari lokasi yang ada wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Saya masuk ke sini baru tiga hari dan sudah ada kasus meninggal karena DBD. Kemudian saya sudah perintahkan kepada Kadis Kesehatan untuk melakukan fogging dan itu sudah dilakukan. Namun meski begitu jumlah nyamuk yang ada di lokasi sekitaran masih sangat banyak. Ternyata di belakang rumah dinas ini ada genangan air yang menjadi sumber berkembang-biak jentik-jentik nyamuk,” jelasnya.

Menurutnya, itulah mengapa dia menghindar sementara agar tidak terkena DBD, karena potensi terjangkit sangat besar.
“Sekedar saya beritahu, DBD itu lebih mematikan daripada Covid-19. Sudahlah saya, tapi istri dan anak-anak saya itu yang hampir satu hari di rumah. Mereka lebih rentan terkena gigitan nyamuk,” ucapnya.

Lanjutnya, terlepas dari itu, rumah dinas yang ditempatinya hanya memiliki dua kamar. Sementara sopir dan pembantu tidak memiliki kamar.
“Sebagai informasi, Kabag TUP, Sekda dan Asisten I, sudah berusaha mencari rumah yang representatif di Tutuyan sini, namun tidak ada. Ada rumah yang pernah digunakan pak Sehan Landjar pada waktu periode pertama, namun rumah tersebut sudah tidak disewakan lagi. Begitu juga dengan rumah yang pernah digunakan pak Rudi Mokoginta juga sudah tidak disewakan. Maka, alternatifnya sewa rumah di Kotamobagu. Dan untuk menyewah rumah di Kotamobagu saya sudah sampaikan ke pak Sehan Lanjar sebagai bupati yang saat ini sedang menjalani cuti. Saat saya bertemu di rumah pak Sehan, bahkan saat itu pak Sehan langsung memerintahkan pak Sekda agar segera carikan rumah sewa di Kotamobagu dan rumahnya sudah ada. Jadi saya ke Kotamobagu itu bukan diam-diam, bahkan itu didukung oleh Pak Sehan Landjar,” jelasnya.

Ia menegaskan kepada Alhabsy sebagai anggota DPRD agar tidak sembarang memposting di sosial media. “Jadi tolong pak Sofyan Alhabsy, sebagai anggota DPRD yang terhormat jangan provokatif lah kalau berbicara, cek dulu kebenarannya. Segala sesuatu itu harus dikonfirmasi terlebih dahulu dan bijaklah menggunakan media sosial. Dan untuk dua buah kursi di rumah itu tak akan saya bawah lari. Pak Sofyan mungkin pikir saya orang yang membawa atau mengambil aset pemerintah. Saya tidak semiskin itu untuk membawa lari aset daerah apalagi hanya kursi,” bebernya.

Tambah Talumepa, pertimbangan lain karena ternyata 70 persen pejabat dan staf Pemkab Boltim tinggal juga di Kotamobagu.
“Baik kepala dinas, kepala badan para asisten serta kepala bagian tinggalnya ada di Kotamobagu sehingga ini juga akan mempermudah pertemuan dalam membahas masalah pemerintahan sewaktu waktu saat saya butuhkan pejabat terkait untuk itu. Semua yang saya lakukan sudah sesuai pertimbangan dan keputusan terbaik,” ucapnya.
Ia menegaskan, wakil rakyat itu harusnya jadi teladan, jangan jadi provokator, bijaklah dalam menggunakan media sosial, apabila ada yang ingin disampaikan ada ruangnya, cari tahu alasannya apa, konfirmasi kebenarannya.

“Jangan membuat tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar, jangan beropini sendiri dan menyampaikan bukan pada tempatnya. Ini termasuk tindakan pidana, memfitnah dan pencemaran nama baik. Pengaduan fitnah kepada pejabat pasal 316-317 KUHP Jadi pak Sofyan Alhabsy, sebagai anggota dewan yang terhormat haruslah baik dan bijak dalam bertutur kata, bertindak dan berpikir,” tegasnya. (***)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.