25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

DPMD Proses Pencairan Dandes di 62 Desa

MANADOPOST.ID – Penyaluran program Dana Desa (Dandes) tahap kedua di Kabupaten Boltim sedang berjalan. Sekira 62 desa  dari 81 desa yang ada sudah mengajukan permintaan pencairan dana melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Plt Kepala DPMD Boltim Rusli Dajo mengatakan, sebagaimana hasil rekapan permintaan rekomedasi Dandes, pihaknya mencatat sebanyak 62 desa di Boltim telah mengajukan permintaan untuk pencairan Dandes tahap kedua tahun 2020.

“Sekarang tinggal 19 desa yang belum mengajukan permintaan Dandes tahap kedua. Paling tidak sudah 75 persen desa di Boltim sudah mengurus dan mulai menjalankan program melalui pendanaan Dandes,” ujar Dajo, Selasa (10/11) kemarin.

Menurut Dajo, penyebab belum adanya pengajuan permintaan oleh beberapa desa tersebut, dikarenakan belum memasukan surat pertanggung jawaban (spj) tahap pertama. Selain itu, ada pula desa yang masih menunggu kinerja perangkat desa.

“Permasalahannya karena syarat utama pencairan Dandes, harus ada SPJ tahap pertama. Jika berkas belum bisa dilengkapi, maka pencairan tahap kedua tentu belum bisa dilaksanakan,” kata Dajo.

Dia pun mengimbau, untuk desa yang sudah menerima Dandes tahap kedua, diharapkan agar segera melaksanakan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 yang sekiranya terhitung mulai bulan Juli – Oktober 2020.

“Jadi untuk desa yang sudah menerima Dandes segera tuntaskan BLT kepada masing-masing penerima bantuan. Diharapkan pencairan Dandes sampai pada bulan Oktober 2020,” pungkas Dajo

Diketahui terkait besaran Dandes tahap kedua Kabupaten Boltim yang diperuntukan bagi 81 desa di tujuh kecamatan sebanyak Rp 27.398.132.800. (ctr-05/ayu)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).