alexametrics
24.4 C
Manado
Minggu, 24 Oktober 2021
spot_img

Realisasi PBB Jongkok, Kinerja Pemdes Dodap Mikasa dan Badaro Dipertanyakan 

MANADOPOST.ID – Kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) Dodap Mikasa, Kecamatan Tutuyan dan Badaro, Kecamatan Modayag, dalam hal peningkatan perolehan Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Tahun 2021 menuai sorotan.

Pasalnya, hingga triwulan ke empat tahun 2021, realisasi PBB di dua desa tersebut belum ada perolehan penagihan kepada wajib pajak.

Laporan perolehan PBB melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Boltim menunjukkan, target PBB Desa Dodap Mikasa mencapai Rp 17.974.116 dan PBB Desa Badaro sebesar Rp 16.537.756, masih dalam posisi menunggak pajak tanpa adanya realisasi.

“Untuk saat ini terdapat dua desa yang menunggak pajak. Kedua desa itu yakni Dodap Mikasa dan Badaro. Keduanya belum melaksanakan pembayaran pajak yang seharusnya dapat dituntaskan sebelum akhir tahun,” ujar Kepala BPKPD Boltim, Ayko Mentemas SE, Selasa (12/10) siang ini.

Sementara itu, Ketua Laskar Anti Korupsi Indoensia (LAKI) Boltim Ismail Mokodompit mengatakan, seharusnya dalam hal penuntasan PBB, pihak Pemdes harus kerja ekstra dalam peningkatan PAD. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim telah memberikan semua hak Pemdes berupa insentif, maka harus diimbangi dengan kewajiban kinerja yang maksimal terutama dalam penuntasan PBB.

“Jadi jangan hanya menerima insentif namun tidak imbang dalam menuntaskan pajak sebagai kewajiban. Saya tekankan, minimal perolehan PBB harus ada peningkatan jangan hanya berpangku tangan sebab posisi realisasi tidak ada pergerakan alias nol persen,” tandas Ismail. (ctr-05/can)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru