28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Om Edo Targetkan Boltim Raih Predikat Kabupaten Sehat

MANADO, MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Bidang kesehatan menjadi salah satu isu yang diseriusi calon bupati dan wakil bupati Boltim Drs H Suhendro Boroma MSi – Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Menurut Om Edo, sapaan Suhendro Boroma, jika dipercayakan memimpin Boltim, dia akan mewujudkan Swasti Saba (Kabupaten Sehat).

“Kita akan menjadikan Boltim sebagai Kabupaten Sehat atau Swasti Saba,” ujarnya dalam Debat Publik kedua yang digelar KPU Boltim di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Kamis (19/11).

Untuk mendorong hal itu, maka SB-RG akan menjadikan rumah sakit tipe D yang sementara dibangun, meningkat menjadi D Plus.

“SB-RG juga akan membangun TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Karena jika tanpa TPA akan sulit mendapatkan predikat kabupaten sehat,” katanya.

Selain itu, paslon dengan tagline ‘BOLTIM BARU’ ini akan mengembangkan fasilitas sanitasi dan air bersih.

“Kita juga akan membuat deteksi dini 10 atau paling tidak lima penyakit menonjol di Boltim. Dari hasil kunjungan ke rumah-rumah warga, ada lima penyakit dominan saat ini yaitu hipertensi, stroke, kolesterol, kanker, dan asam urat,” jelasnya.

Diketahui, dalam debat dengan topik ‘Strategi Memajukan dan Menyelesaikan Persoalan Daerah’ ini, semua pimpinan partai pengusung SB-RG hadir. Yaitu Ketua PDI Perjuangan Boltim Medy Lensun, Ketua PKS Boltim Rita Lamusu dan Ketua Partai Perindo Sunarto Kadengkang. (can)

 

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.