27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

SB Siap Tingkatkan IPM Boltim

MANADOPOST.ID—Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Boltim masih menjadi ‘PR’ besar, bagi siapa saja yang akan menjadi pemimpin Boltim lima tahun kedepan.

Karena, sejak 2010 lalu IPM Boltim hanya bertengger di angka 60,04 persen. Dan berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut 2018 lalu hanya di angka 65,21 persen. Artinya kemajuan IPM Sulut masih sangat lambat dibandingkan daerah lain.

Tak ayal, Boltim menjadi daerah dengan IPM terendah kedua setelah Kabupaten Bolsel dengan persentase 64,49 persen.

Hal ini pun menjadi keprihatinan Calon Bupati Boltim Drs Hi Suhendro Boroma (SB). Dia menekankan, IPM merupakan tolak ukur untuk melihat kualitas pendidkan, kesehatan dan pendapatan setiap keluarga di suatu daerah.

Artinya semakin tinggi IPM, kesejahteraan, Pendidikan dan layanan kesehatan masyarakat pun semakin baik.

Dia tak memungkiri, lebih dari 10 tahun, Boltim sudah mengalami perubahan dan juga kemajuan. Namun masih belum signifikan, dan cenderung melambat. Sehingga tertinggal dibandingkan daerah lain.

Apalagi, lanjutnya, Boltim merupakan daerah yang memiliki potensi yang besar. Di mana kekayaan alamnya melimpah. Ini menjadi modal besar untuk melakukan perubahan demi menyejahterakan masyarakat.

“Kita jangan terjebak dalam zona aman, sudah saatnya berubah menjadi daerah yang kuat, mandiri dan mampu menjadi contoh buat daerah lain,” tutup SB, yang diketahui saat ini maju dalam Pilbup Boltim bersama Cawabup Rusdi Gumalangit.(ayu)

Artikel Terbaru

Golkar Copot JAK dari Ketua Harian

Pelaku Curat Ditembak Petugas

Lusa, KPU Hadapi Sidang MK