27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

DLH Warning Pembuangan Masker Bekas

MANADOPOST.ID– Penggunaan masker menjadi salah satu syarat protokol kesehatan (Prokes), yang wajib dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Banyaknya penggunaan masker, menyebabkan semakin meningkatnya limbah medis. Pengelolaan sampah medis membutuhkan penanganan khusus dan dengan cara yang tepat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Pencegahan Penanggulangan Penyakit Menular (Kesmas dan P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Lindawati Hasan, menuturkan, potensi penyebaran virus melalui masker bekas cukup tinggi.

“Sampah masker memang sangat berbahaya, kita tidak tahu pengguna masker bekas ini mengidap virus atau tidak. Kemudian misalnya jadi mainan anak-anak ketika dibuang sembarangan. Sehingga dalam pengelolaan limbah masker butuh penanganan khusus,” ujar Lindawati.

Menurut Indah sapaan akrabnya, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bahaya limbah masker bekas yang bisa menyebarkan virus dengan cepat.

“Karena kurangnya pengetahuan itu, masih banyak masyarakat yang menyertakan limbah masker ke dalam sampah umum, bahkan membuangnya di sembarang tempat,” jelas Indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga, mengatakan, dalam pengelolaan sampah medis di Kotamobagu sudah ditangani sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Limbah medis seperti masker bekas pakai, botol infus, jarum suntik, masker, dan yang lainnya, yang ditemukan oleh petugas kebersihan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), langsung diserahkan ke pihak Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kotamobagu. Karena, ada penanganannya khusus dan tidak sembarangan,” ujar Irawan.

Dia juga mengatakan, limbah masker yang dibuang warga di TPS akan diatasi dengan menggunakan standar tertentu, dan disendirikan sebelum diserahkan langsung ke pihak rumah sakit.

“Petugas kami juga dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD), dan wajib menggunakan sarung tangan saat bersentuhan dengan sampah, terutama limbah medis,” tambah Irawan.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat Kotamobagu agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.
“Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Jangan membuang masker bekas sampai disembarang tempat,” tutupnya. (ctr-07/ayu)

Artikel Terbaru