25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Pemkot Launching Kartu Parkir Berlangganan

MANADOPOST.ID—Untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkot Kotamobagu dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) resmi meluncurkan kartu parkir berlangganan, untuk kendaraan dinas.

Sekkot Kotamobagu, Ir Hi Sande Dodo MT, saat membacakan sambutan Wali Kota mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah, dalam meningkatkan kemampuan pembiayaan daerah.

“Di era sekarang ini, salah satu indikator utama yang digunakan untuk dapat mengukur kemampuan suatu daerah dalam melanjutkan otonomisasi, adalah adanya tingkat kemampuan daerah dalam hal penyerapan atau kemampuan pembiayaan agar pemerintah daerah dapat melaksanakan fungsinya secara efektif dan efisien dalam rangka pelayanan umum Kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, upaya untuk meningkatkan PAD yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah itu, menjadi hal yang sangat penting, serta harus menjadi perhatian bersama, sebab pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah dan daerah juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Dalam konteks yang demikian ini maka tentunya, daerah juga mengoptimalkan potensi yang dimiliki, termasuk pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah, karena itu pendapatan daerah termasuk bersumber dari retribusi perparkiran tentunya menjadi hal yang sangat penting karena merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah daerah Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Dengan dasar tersebut, dituturkan kalau penggunaan kartu parkir berlangganan merupakan salah satu upaya pemerintah daerah, untuk bisa terus meningkatkan PAD.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka tentunya kegiatan launching kartu parkir berlangganan bagi kendaraan dinas ada pagi hari ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah secara efektif efisien dan akuntabel khususnya Pendapatan asli daerah yangbersumber dari retribusi perparkiran,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, Nasli Paputungan, menambahkan, kartu parkir berlangganan bulanan hanya berlaku di pos-pos parkir manual.

“Terkait dengan biayanya disesuaikan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2019 besaran biaya parkir berlanganan bulanan ini hitungannya 4 kali masuk dalam sehari. Sekali masuk parkir Rp2000 dikalikan 4 per hari, kali 25 hari kerja maka jadi 200 ribu perbulan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, pemberlakuannya setiap bulan dan masa berlakunya diperpanjang setiap tanggal 1 dibulan berjalan. “Ini merupakan salah satu upaya peningkatan PAD sektor perpakiran,” jelasnya.

Dia berharap, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa membantu penerapan kartu parkir berlangganan ini.

“Kami berharap seluruh SKPD untuk dapat membantu memberikan data-data kendaraan dinas roda empat dan tentu aktif dalam pelaksanaan pembayaran retribusi parkir berlanganan ini,” tutupnya. (yusuf/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru