25.9 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Musim Panen, Produksi Cabe Berlimpah

MANADOPOST.ID–Komoditi Cabai di Kotamobagu tak ada matinya. Buktinya Roni Papene seorang petani cabai, yang baru mengeluti bisnis menanam cabai, namun sudah merasakan hasilnya.

Dengan lahan 1 hektar ia memgembangkan sebanyak 4.000 pohon cabai, yang sedang dipanennya. Untuk sekali panen Roni mengaku bisa memetik cabai rawit hingga 30 kilogram per minggunya.

“Untuk keseluruhan bisa sampai 80 kg per panen. Namun saya menanamnya tidak merata jadinya panenya setiap minggu dengan perolehan 30 kg per minggunya.  Dijual pun dengan harga di kisaran Rp25 ribu per kilogram,” Jelasnya

Kendala yang dihadapi saat ini yakni harga jual yang kadang tidak menentu karena harus menyesuaikan harga dipasaran.

“Jika harganya bagus ya pasti untungnya juga lumayan, namun pas harga turun, ya kadang hasilnya sedikit. Karena ada biaya operasional, perawatan tanaman cabai juga lumayan,” ujarnya

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kotamobagu, khususnya Dinas Pertanian untuk dapat memperhatikan para petani cabai. “Kami juga berharap ada bantuan seperti pupuk untuk menunjang usaha pertanian kami,” tutupnya.  (ctr-01/ayu)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.