alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 27 September 2021
spot_img

Jalankan Usaha Perbaikan Alat Dapur, Harun Mampu Biayai Anaknya Hingga Lulus Kuliah 

MANADOPOST.ID – Harun (75) atau biasa disapa Papa Pian, warga Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur, sukses menjalankan usaha perbaikan dan pembuatan alat dapur. Usaha tersebut dilakoninya sejak tahun 1985 saat anaknya mulai masuk sekolah. Dengan usahanya tersebut, dia mampu menyekolahkan ketiga anaknya hingga lulus kuliah.

Dengan menggunakan bahan dan alat sederhana, keahlian Papa Pian dalam memperbaiki dan membuat alat dapur sangat memuaskan pelanggannya. Buktinya, meskipun umurnya sudah tua, saat ini dia masih saja menerima permintaan perbaikan alat dapur dari pelanggan lamanya.

Adapun jasa yang biasa dilayani yakni perbaikan alat dapur seperti pembuatan dan perbaikan Dandang, Kompor minyak tanah, Panci, Belanga, Oven Kue, Sondo dan alat dapur lainnya.

“Kalau dulu waktu ketiga anak saya masih sekolah, istri saya membuka lapak di pasar 23 Maret, untuk memasarkan produk perbaikan alat dapur dan juga untuk mendapatkan orderan perbaikan alat dapur. Setiap harinya saya harus menyelesaikan 3 sampai dengan 6 pesanan pemintaan pelanggan dari pasar yang didapat oleh istri saya. Itu biasanya dikerjakan pada malam hari karena paginya akan dibawa kembali ke pasar, untuk diberikan kembali kepada pelanggan,” ujar Papa Pian.

Seiring berkembangnya zaman, lanjutnya, banyaknya pengguna kompor minyak tanah yang beralih menggunakan kompor gas, menyebabkan permintaan perbaikan kompor minyak tanah tersebut menurun.

“Sekarang ini kebanyakan orang sudah menggunakan kompor gas, yang menggunakan kompor minyak tanah mungkin hanya orang yang takut menggunakan gas. Sehingga permintaan pelanggan yang masuk untuk perbaikan kompor minyak tanah itu berkurang. Saat ini yang sering masuk itu hanya permintaan perbaikan oven kue, dandang dan panci, itupun dari pelanggan lama yang sudah tahu alamat rumah ini,” tambahnya.

Dia juga menambahkan, biasanya menjelang hari besar agama, seperti hari raya Idul Fitri dan hari Natal, orderan permintaan dari pelanggan untuk pembuatan, dan perbaikan alat dapur itu pasti meningkat.

“Untuk sekarang ini orderan perbaikan sudah berkurang tidak seperti dulu yang hampir setiap harinya menerima orderan 3 sampai 6 perhari. Sejak anak saya lulus kuliah, istri saya sudah tidak lagi ke pasar. Saya saat ini hanya melayani orderan dari pelanggan lama.

“Alhamdulillah hasilnya bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Dari hasil usaha ini juga, Alhamdulillah bisa membiayai sekolah ketiga anak saya hingga lulus kuliah,” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad, salah satu pelanggan menuturkan, tempat perbaikan dan pembuatan alat dapur tersebut, sudah sering dia datangi jika ada alat dapur miliknya yang rusak dan dianggap masih bisa diperbaiki.

“Selain harganya terjangkau, hasilnya juga memuaskan. Kalau masih bisa diperbaiki kenapa harus beli yang baru. Seperti dandang, yang sering rusak itu kan hanya bagian bawahnya saja, nah hanya bagian lantai bawahnya saja yang diganti. Selain perbaikan, di tempat ini bisa juga untuk pembuatan alat dapur yang baru,” jelasnya.

Bagi yang berminat untuk memperbaiki alat dapur, bisa menghubungi nomor handphone 081244468469, atau langsung mengunjungi alamat rumah yang terletak di samping kiri SDN 2 Inpres, Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur. (yusuf/iswan)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru