26C
Manado
Senin, 19 April 2021

KUR Skema Sumi Tembus 14,17 Miliar

MANADOPOST.ID—Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dengan Skema Super Mikro (Sumi) di Sulut tembus Rp 14,17 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut Ratih Hapsari Kusumawardani melalui Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Franky Pasuhuk. “Itu dari data SIKP yang kami miliki per 21 Maret kemarin, penyalurannya kepada 1.584 orang debitur yang ada di Sulut,”sebutnya.

Dia melanjutkan skema KUR Super Mikro ditujukan terutama bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha berskala mikro. “KUR Super Mikro ini diberikan pemerintah melalui perbankan dengan plafon hingga Rp10 juta per penerima KUR,” terangnya.

Sementara Ekonom Sulut Robert Winerungan mengatakan keberadaan KUR yang disiapkan pemerintah ini paling tidak bisa membuka usaha keluarga. “Untuk menopang ekonomi keluarga dan menghidupkan perekonomian secara umum, kalau dimanfaatkan untuk modal usaha,” jelas dia.

Kata dia, meski tidak besar, paling tidak masyarakat sudah bisa bekerja. “Ini untuk pemulihan ekonomi, agar masyarakat bisa berusaha sendiri,” imbuhnya.

Dia menambahkaan, kredit ini harus dimanfaatkan pada sektor produktif dan bukan konsumtif. Walau kecil namun jika ini dimanfaatkan masyarakat secara bersama-sama akan sangat bermanfaat.

“Kredit jangan digunakan untuk menutupi kredit lainnya, ini kebiasaan yang perlu dirubah. Kalau kredit ini dimanfaatkan ke sektor konsumtif maka akan susah sendiri,” tandasnya. (ayu)

Artikel Terbaru