25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

27,55 Juta Penduduk Indonesia Masuk Kategori Miskin, PE Harus Enam Persen

MANADOPOST-ID— Mengutip data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), pada September 2020 lalu, jumlah penduduk Indonesia yang masuk kategori miskin menyentuh angka 27,55 juta orang. Atau sekira 10,19 persen dari total populasi nasional.

Peningkatan kemiskinan tersebut terjadi akibat imbas Covid-19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan menganggur.

Lantas apa yang harus dilakukan seluruh stakeholder untuk menurunkan angka kemiskinan nasional?

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) periode 2015-2020 Halim Alamsyah menuturkan Indonesia membutuhkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen untuk mengentaskan masalah kemiskinan.

“Indonesia minimal harus tumbuh 6 persen, baru kita bisa mengurangi pengangguran nyata, kalau di bawah 6 persen kita masih akan berhadapan dengan pengangguran,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.com.

Dia menuturkan setiap tahunnya ada tambahan angkatan kerja baru di Indonesia sebesar 3,5 juta hingga 4 juta orang.

Karenanya, dibutuhkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen untuk menyerap angkatan kerja baru itu, sedangkan 1 persen untuk menyerap pengangguran eksisting.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, ia menilai pemerintah juga perlu terus mendorong pemberian bantuan sosial sebagai bantalan bagi perekonomian akibat bertambahnya pengangguran.
“Memang pertumbuhan ekonomi yang tinggi bukan merupakan resep yang akan selesaikan masalah seluruhnya. Namun, pertumbuhan ekonomi kita perlukan untuk bisa menyerap pertambahan tenaga kerja,” tutupnya.

(Ayurahmi Rais)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru