26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Pola Pasar Properti Belum Stabil, PPKM Bisa Menambah Ketidakpastian

MANADOPOST.ID – Indonesia Property Watch (IPW) melihat pola pergerakan pasar jangka panjang yang belum stabil. Kebijakan PPKM alias pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat akan menambah ketidakpastian. Para pelaku usaha di bidang properti pun semakin cermat memantau reaksi pasar.

”Meski mulai tumbuh tipis sejak semester II 2020, pasar properti masih rentan terhadap penurunan yang lebih dalam lagi,” kata CEO IPW Ali Tranghanda.

Dia memperkirakan bahwa pasar perumahan di Jabodebek–Banten akan naik 12,2 persen year-on-year (YoY) hingga akhir Juni. Namun, beberapa faktor masih membawa dampak negatif bagi pasar perumahan. Salah satunya adalah lonjakan jumlah pasien positif Covid-19.

IPW mencatat bahwa pasar properti anjlok sampai 50,1 persen pada awal pandemi tahun lalu. Penurunan itu bukan karena pasar kehilangan daya beli, melainkan karena terganggunya mobilitas konsumen. ”Karena transaksi properti tidak bisa sepenuhnya dilakukan secara online. Pembeli pastinya harus dan ingin merasakan atau melihat fisik bangunan dan lingkungannya,” terang Ali.

Bukan tidak mungkin, kali ini pasar perumahan akan tumbuh lebih rendah daripada tahun lalu. Akan terkontraksi pada kisaran minus 5–10 persen. Kebijakan stimulus sektor properti memang sedikit membantu menstabilkan pertumbuhan pasar properti. Namun, itu tidak menjamin akan mendongrak penjualan yang signifikan bila pengetatan dilakukan terlalu lama.

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar kredit pemilikan rumah (KPR) BCA Online Expo. Acara berlangsung selama sebulan mulai kemarin. Ada lebih dari 290 proyek yang ditawarkan dalam pameran yang melibatkan 150 pengembang dan peritel furnitur itu.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan bahwa KPR BCA Online Expo menawarkan promo suku bunga fix sebesar 5,25 persen selama tiga tahun. Pihaknya saat ini fokus terhadap masyarakat, khususnya yang menginginkan rumah pertamanya. ”Akan kami berikan penawaran khusus,” paparnya.

Executive Vice President (EVP) Consumer Loan BCA Felicia M. Simon menjelaskan bahwa simulasi KPR tersedia pada situs web KPR BCA Online Expo. (Jawa Pos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru