25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Varietas Benih Kelapa Odeska Apela Diakui Nasional

MANADO— Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya guna menghadirkan varietas benih kelapa unggul yang bukan hanya bisa berbicara di tingkat lokal namun juga nasional.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Refly Ngantung. “Hal yang membanggakan yaitu ditengah pandemi covid-19 perkebunan bisa menghadirkan sumber benih varietas unggul nasional yang telah ditetapkan di bogor baru-baru ini,” terangnya.

Keragaman Buah Kelapa Dalam Odeska Apela.

Dia melanjutkan, dalam masa pemerintahan saat ini, pemprov sudah berhasil memunculkan dua varietas yang berhasil berbicara dan diakui ditingkat nasional. “Yang terbaru yaitu benih kelapa yang diberi nama varietas Odeska Apela. Sebelumnya, dua tahun kemarin sudah ada Odeska Lobu. Hal ini mampu mendongkrak kebutuhan benih nasional tapi juga kebutuhan benih di daerah kita,” timpanya.

Kata dia, saat ini Provinsi Sulut sudah menjadi perhatian pemerintah pusat dan derah lain karena ketersediaan benih kelapa dengan kualitas unggul yang ada. “Apalagi kita terkenal dengan daerah nyiur melambai,” ujarnya.
Dia berharap kedepan petani kelapa tidak berkecil hati namun terus berupaya memberikan yang terbaik dalam mengupayakan dan merawat varietas kelapa. “Tentu harapannya disetiap wilayah di Sulut kedepan bisa menghadirkan komoditi dan varietas ungggul sehingga semakin banyak yang diakui di tingkat nasional dan tidak menutup kemungkinan di dunia internasional,” tandasnya. (Asyer Rokot)

-

Artikel Terbaru

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).