28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Arbonas : Ekonomi Sulut Tetap Kuat

MANADOPOST.ID–Hari ini, sekira Pukul 12.00 Wita, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut akan merilis Pertumbuhan Ekonomi (PE) triwulan tiga. Meskipun sudah bisa ditebak hasilnya terkontraksi, namun, PE Sulut termasuk salah satu yang masih terbilang baik.

Hal ini ditegaskan langsung Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat.  Dia mengatakan, walau mengalami perlambatan akibat Covid-19 pada triwulan dua, namun beberapa lapangan usaha yang mendorong PE masih terbilang kuat. Mulai dari pertanian, industri pengolahan, dan lainnya.

“PE Sulut memang terkontraksi pada triwulan dua. Tapi beberapa sektor masih terbilang kuat. Pertanian kontribusinya masih baik, pun dengan ekspor. Hal ini dibuktikan neraca perdagangan masih mengalami surplus,” sebutnya di sela kegiatan Media Gathering, Selasa (2/11), lalu.

Arbonas pun menegaskan, pandemi Covid-19 merupakan persoalan global yang tidak hanya menganggu kesehatan tapi berimplikasi pada ekonomi. Baik secara nasional maupun di setiap daerah.

“Pak Jokowi sudah mengumumkan jika ekonomi Indonesia akan kembali terkontraksi. Mungkin Sulut pun akan alami hal yang sama. Tapi melihat kondisi yang ada, beberapa sektor sudah mulai bergeliat, sehingga saya meyakini meskipun melambat, namun perekonomian kita masih akan tetap kuat,” yakinnya.

Pada kesempatan itu pun dia mengapresiasi para pihak media, yang selaluenjadi garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Peran media sangatlah penting. Sehingga sampaikanlah kabar yang benar dan sesuai data yang ada. Lihat dan laporkan. Seburuk apa pun hal yang terjadi, jika dikemas dengan baik pasti akan menjadi berita yang baik,” tukasnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut Eko Irianto, menambahkan, saat ini pentingya ekonomi digital dalam  peningkatan produktifitas dan terbukanya lapangan pekerjaan.

“Jadi dengan bantuan teknologi digital banyak jumlah usaha dan bisnis yang survive dan berkembang. Hal ini tentu akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Hingga pada akhirnya hal ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian,” terangnya.

Sehingga dia berharap, kedepannya ekonomi berbasis digital bisa terus dikembangkan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tutupnya. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.