29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Tepung Kelapa, Potensi Ekspor Sulut

MANADOPOST.ID– Nyiur Melambai,  dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak Sumber Daya Alam (SDA). Salah satu prduk SDA Sulut yang telah berhasil menembus pasar dunia adalah Tepung Kelapa.

Mengutip data yang disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut Darwin Muksin,  meskipun di tengah Covid-19, pada triwulan pertama tahun ini,  Sulut berhasil mengekspor tepung kelapa sebanyak 473 ton ke Jerman. D

an berhasil menyumbang devisa bagi negara sebesar 720.297 USD atau setara dengan Rp10.093.521 (kurs 14 ribu).

Muksin menekankan,  Jerman merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor tepung kelapa Sulut di Benua Eropa. Meskipun tak menampik,  saat ini, bukan lagi pasar baru. Namun dia meyakini potensi pasar Jerman harus dioptimalkan,  agar realisasi ekspor semakin besar.

“Selama ini angka ekspor Sulut bisa dikatakan cukup baik, hanya saja negara tujuannya masih sedikit. Perlu diperluas supaya tidak ada ketergantungan misalnya bila terjadi gejolak di negara tujuan ekspor, bisa dialihkan ke negara lain, sehingga industri akan tetap jalan,” katanya.

Dia berharap, ke depan bisa dikembangkan komoditi ekspor dengan kandungan lokal lebih tinggi.

” Selain itu, barang-barang yang sudah diolah di Indonesia, bukan mengekspor bahan mentah, karena hal ini akan memberikan nilai tambah. Banyak sekali negara-negara di Eropa dan Afrika serta Timur Tengah perlu digarap menjadi tujuan ekspor Sulut,” tutupnya.  (ayu)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.