24.6 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

WIKA-NK Kebut Pembangunan Bendungan Kuwil

 

MANADOPOST.ID — Sesuai realisasi pembangunan yang ditargetkan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWSS I), pekerjaan Bendungan Kuwil Kawangkoan Paket I dan II akan berakhir pada awal sementer dua di tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kepala BWSS I Bastari. Menurutnya, pengerjaan fisik bendungan harus rampung pada Juli mendatang. “Targetnya Bulan Juli sudah selesai. Baik Paket I maupun Paket II,” ungkap Bastari.

Diketahui pembangunan Paket I meliputi pengerjaan grouting pondasi, grout cap, dan penimbunan material. Paket ini dikerjakan PT.WIKA-DMT, KSO.

Sementara Paket II meliputi pengerjaan pembetonan dinding penahan, saluran pelimpah, hidromekanikal, dan proteksi lereng bangunan pelimpah. Ini dikerjakan PT. Nindya Karya (NK).

Menanggapi hal tersebut, Project Manager Pembangunan Bendungan Kuwil PT.WIKA Aprianto menyebutkan ada beberapa kendala yang menghambat penyelesaian bendungan. “Kalau secara teknis, karena material inti (clay/tanah liat) harus dikerjakan dengan spesifikasi khusus.

Untuk pemadatannya harus dengan kadar air yang sesuai persyaratan. Jadi cuaca atau hujan yang menjadi kendala utama,” sebut Aprianto. Menurutnya, cuaca sangat berpengaruh terhadap proses finishing bendungan. “Apabila hujan, maka kami harus melakukan treatment material (pengeringan) agar bisa digunakan untuk timbunan, hal ini yg membuat pelaksanaan menjadi terhambat,” tambah Aprianto.

Meski demikian, PT WIKA tetap optimis dapat menyelesaikan paket tersebut.
Kepada Manado Post beliau mengungkapkan harapnnya agar proyek tersebut dapat dituntaskan. “Semoga diberi kelancaran untuk mencapai target. Hitung hitungan secara volume sisa dan waktu tersisa, apabila kondisi bagus maka masih realistis untuk di capai targetnya,” kata Aprianto.

Sementara itu, tinggal selangkah lagi pembangunan Bendungan Kuwil Paket II tuntas di kerjakan PT.NK.
Project Manager Pembangunan Bendungan Kuwil PT.NK Radityo Ardhian Pratama menyebutkan pihaknya bersedia menyelesaikan proyek bendungan sesuai target.

“Kontraknya sampai Agustus, tapi akan tetap kami usahakan untuk percepatan,” kata Radityo.

HAMPIR RAMPUNG : PT. WIKA-DMT, Kso dan PT. Nindya Karya terus menggenjot pembangunan Bendungan Kuwil, yang terletak di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.

Terkait kendala pembangunan, Radityo mengutarakan pihak NK telah melewati kendala tersebut. “Kendalanya, waktu awal-awal saja. Berkaitan dengan pembebasan lahan. Tapi hal itu bisa diselesaikan,” kunci Radit sapaan Project Manager PT.NK ini.

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru