27 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Sambangi Pemprov Sulteng, PLN Group Bangun Sinergi Stakeholder Tentang Kelistrikan

MANADOPOST.ID – Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) mengadakan kunjungan ke beberapa stakeholder di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), diantaranya menyambangi Gubernur Sulteng, Bupati Parigi, Kepala BIN Sulteng serta Kepala Kantor Wilayah BPN Sulteng.

Dalam kesempatan tersebut, pihak PLN memberikan informasi terkait kondisi terkini seputar kelistrikan diwilayah Sulteng.

Pada kunjungan pertama, General Manager PLN UIW Suluttenggo Leo Basuki melaporkan kepada Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola MSi, bahwa pada Minggu (27/09) terjadi longsor di Kabupaten Parigi Moutong Jalan Poros Palu – Parigi km9. Kejadian tersebut membuat beberapa Tower Transmisi 70 kV Line Transmisi Talise – Single phi – Parigi khususnya pada Tower 79 dan 80 mengalami kondisi sangat kritis.

“Seperti kita ketahui Tower Transmisi memiliki peran yang sangat penting dan vital dalam penyaluran energi listrik. PLN terus berkomitmen untuk melakukan pelayanan prima dengan menjaga keandalan pasokan listrik yang ada dengan berusaha untuk mengatasi permasalahan dilapangan, serta melakukan mitigasi resiko berbagai kemungkinan simulasi, sebagai antisipasi keadaan tersebut,” ujarnya.

Dalam menyambut Hari Listrik Nasional ke-75 Tahun, lanjut Basuki PLN terus melayani masyarakat dengan kerja nyata membawa terang sampai ke pelosok negeri. Keandalan listrik pun menjadi fokus utama PLN agar supaya masyarakat bisa menikmati listrik secara berkelanjutan dengan berusaha meminimalisir faktor gangguan dilapangan. Hal itu terbukti nyata dengan respon cepat PLN dalam menanggapi masalah pada Tower Transmisi di Sulteng.

Ditambahkan, Suroso Isnandar General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawes, bahwa PLN dengan sigap telah mengirimkan TIM Emergency Restoration System (ERS) untuk melakukan pembangunan Tower Emergency pada daerah terdampak dengan tujuan mengambil alih sementara fungsi dari tower yang mengalami kondisi kritis.

“Saat ini personil dari Tim ERS PLN telah dikerahkan untuk melakukan pekerjaan pembangunan tower emergency tersebut. Medan yang terjal dan akses angkut material yang berat tidak menjadi penghalang tim untuk melakukan pekerjaan, kami mengupayakan baik langkah jangka pendek maupun jangka panjang untuk antisipasi berbagai macam kemungkinan,” tuturnya.

Kata Isnandar, Tower Transmisi 70 kV Line Transmisi Talise – Single phi – Parigi merupakan satu-satunya jalur suplai tenaga istrik dari Palu menuju kabupaten Parigi Moutong, sehingga pekerjaan pembangunan tower emergency ini merupakan prioritas utama demi terjaganya kelangsungan pasokan listrik untuk pelanggan.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola,mengatakan tentunya kami menyambut baik informasi yang disampaikan PLN yang secara sigap langsung turun untuk melakukan recovery kondisi kelistrikan pada Tower Transmisi yang mengalami kondisi buruk akibat bencana alam tanah longsor di Jalur Palu – Parigi. “Memang bencana seperti ini tidak bisa kita ketahui kapan akan terjadi. Pemerintah dalam hal ini akan mendukung pihak PLN yang berusaha mempercepat penanganan perbaikan dilapangan, dan semoga segala hal dapat dilancarkan sehingga masyarakat dapat terus menikmati listrik,” ucapnya. (Lina Pendong)

-

Artikel Terbaru

Selisih dengan CEP-SSL 40%, Ini Alasan OD-SK Tetap Perkasa

MANADOPOST.ID—Petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw sangat perkasa. Tingkat elektabilitas mencapai 64,3. Selisih dengan jawara kedua Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) capai 40 persen. Di mana paslon nomor urut 1 ini hanya mendapat 22,3 persen.

LSI: OD-SK Unggul 64,3

MANADOPOST.ID—Kurang dari dua bulan pelaksanaan pilkada 9 Desember mendatang, pasangan incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) tetap bertengger di posisi pertama.

Pjs Bupati Minsel Warning Kepsek

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mengeluarkan warning keras. Kali ini, diarahkan ke kepala sekolah (kepsek) di Minsel. Terkait sikap dalam menghadapi kontestasi Pilkada 2020.

Ketua Bapilu Demokrat Dukung JPAR-Ai

MANADOPOST.ID--Target utama Partai Demokrat merebut kemenangan di Kota Manado sepertinya tak didukung kader sendiri. Teranyar, Ketua Bapilu Demokrat Sulut Darmawati Dareho memilih mendukung pasangan calon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai). Dibanding memenangkan Ketua Demokrat Sulut Mor Bastiaan yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw.

Anggaran JKN-KIS Minahasa Digeser Tangani Covid-19

MANADOPOST.ID—Pandemi Covid-19 di Kabupaten Minahasa berdampak pada pergeseran anggaran. Salah satunya pergeseran anggaran yang dilakukan terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan.