26C
Manado
Minggu, 28 Februari 2021

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sulut 2021 4-5 Persen

MANADOPOST.ID— Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut Arbonas Hutabarat optimis pertumbuhan ekonomi Sulut membaik pada tahun 2021. Dikatakannya, optimisme itu dimasukkan menjadi tagline dari lima kebijakan.

“Kita harus bersinergi membangun optimisme pembangunan ekonomi terutama ekonomi nasional yang terdampak dari pandemi Covid-19. BI secara nasional optimis 5,1 persen, dan untuk BI Sulut 4-5 persen. Tapi harus diingat seberapa besar optimisme kami itu tergantung dari satu prasyarat dan lima kebijakan, yakni vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan itu menjadi maksimal di Sulut,” jelasnya, saat kegiatan media briefing Kondisi Makroekonomi Sulut 2020.

Lanjutnya, kalau yang satu ini dilaksanakan secara efesien maka yang lima ini kita lakukan secara serentak dan bersinergi. “Yaitu pembukaan sektor produksi yang aman, percepatan realiasi stimulus fiskal, peningkatan kredit kepada dunia usaha, keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial, dan digitalisasi ekonomi dan keuangan khususnya UMKM,” ujarnya.

Dia menambahkan, satu prasyarat dan lima kebijakan ini sangat penting dan harus dilakukan bersama-sama, dan ini juga menjadi tema BI selama tahun 2021 ini. (Lina Pendong)

Artikel Terbaru