27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Hanya 1,2 Juta, Kuota Penerima BPUM Tanpa Batas

MANADOPOST.ID– Angin segar bagi pelaku usaha kecil menengah di Sulut. Pendaftaran bantuan produktif usaha mikro (BPUM) tahun ini dibuka hingga September.

Diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan melalui Kepala Bidang Usaha dan Pembiayaan Yahya Gultom, pelaku usaha di daerah silahkan memasukan berkas. “Tidak ada pembatasan kuota tahun ini,” ungkapnya.

Dia melanjutkan yang sudah mendapatkan bantuan BPUM ini tahun kemarin masih bisa mendapatkan lagi. “Masukan berkas saja. Intinya yang akan diusulkan tahun ini harus memasukan berkas seperti yang diminta,” ucapnya.

Kata dia, untuk BPUM tahun ini diprioritaskan pelaku usaha yang belum pernah mendapatkan. “Sekarang kami sementara mendata. Mekanismenya kabupaten dan kota adalah sebagai pengusul kami yang akan meneruskan ke kementerian,” Imbuhnya.

Dia melanjutkan, data akan diverifikasi dan diclearkan terlebih dahulu di kabupaten dan kota. “Pencairan dana ini akan dilakukan oleh pemerintah tiap bulannya melalui perbankan yang ada,” sebut dia.

Menurutnya, tahun ini jumlah dana yang diperuntukkan lebih kecil dari tahun kemarin. “Memang hanya satu juta dua ratus ribu saja, meski begitu ini merupakan dana untuk pemulihan ekonomi nasional untuk itu harus digunakan maksimal. Kami harapkan usaha mikro tetap eksis,” imbuhnya.

Sementara Ekonom Sulut Robert Winerungan menilai bantuan pemerintah dengan dana Rp 1,2 juta ini kemungkinan akan meningkatkan sektor konsumsi di masyarakat.

“Kalau untuk meningkatkan usaha tidak akan berefek lebih, tidak terlalu memberikan efek pada produksi usaha, mungkin ada tapi minim,” jelas dia.

Menurut dia dengan dana BPUM seperti ini cocok untuk meningkatkan produksi pada sektor industri rumahan saja.

“Misalnya mereka yang jualan gorengan, makanan, jual online yang pesan antar, kalau usaha untuk industri kecil seperti agak tidak cukup, namun kita harus optimis untuk itu,” pungkasnya. (asr/tan)

Artikel Terbaru