29 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Guide Lokal Butuh Dukungan Pemerintah

MANADO— Tunjang pariwisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dewan pimpinan cabang (DPC) Manado bakal bersinergi bersama seluruh stakeholder untuk memberdayakan pemandu wisata lokal dalam menyambut pelaku pariwisata kedepannya.

Hal ini diungkapkan David Togas Ketua HPI terpilih periode 2020-2025 dalam Musyawarah Cabang (Muscab) III yang digelar di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) Mapanget.

“Bukan hanya itu saja namun akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk melakukan pelatihan agar para guide lokal bisa bersaing dan memiliki kemampuan yang kompeten dan bersertifikasi,” ungkapnya.
Dia melanjutkan, dirinya memiliki data yang menunjukan tour guide di Manado lebih dari seratus orang. “Namun ini kami akan update lagi, sebab yang terdaftar di pusat dari DPC Manado baru sebanyak 58 orang tour guide saja,” ujarnya.

Dia mengajak pemandu wisata lainnya akan bergabung di organisasi untuk bersama membangun pariwisata Sulut bersama pemerintah. “Intinya legalitas kami jelas, dan organisasi pemandu wisata yang sah, itulah HPI,” timpanya.

Disisi lain, Ketua HPI DPD Sulut Mario Salomo Saroinsong Pantow berharap semua anggota DPC akan semakin solid untuk membangun pariwisata meski dalam keadaan pandemi. “Namun ini tugas kita, mari berperan aktif untu pengembangan, Manado sentral daerah, saya berharap teman-teman terus bekerja maksimal,” tandasnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.