33.4 C
Manado
Selasa, 22 Juni 2021
spot_img

Penanganan Perbaikan PJU di Boltim Lambat

MANADOPOST.ID— Kondisi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Boltim, nampak sangat memprihatinkan. Pasalnya, terdapat beberapa PJU di beberapa desa nampak belum diperbaiki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim.

Warga Tombolikat Selatan, Kecamatan Tutuyan, Ismail Mokodompit mengungkapkan, sedikitnya beberapa lampu jalan sudah dalam kondisi rusak, terutama di lingkaran Ibukota dan beberapa desa. Selayaknya Pemkab Boltim mengambil sikap minimal melakukan perbaikan agar tidak menimbulkan kecelakaan.

“Yang pasti kalau banyak lampu jalan yang rusak, pastinya jalanan pun menjadi gelap. Hal itu pun dapat berpotensi terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, disarankan agar Pemkab memperbaiki mana lampu jalan atau PJU yang sudah tidak berfungsi,” ujar Mokodompit.

Dia pun menyarankan, Pemkab juga diharapkan agar memasang lampu penerang untuk jembatan seperti antara batas desa Tombolikat Selatan dan Tutuyan II, mengingat beberapa waktu lalu telah terjadi kecelakaan mau hingga menelan dua korban.

“Selain itu, untuk jembatan yang ada di Ibukota harusnya dipasang lampu agar dapat meminimalisir angka kecelakaan. Saya amati banyak terjadi kecelakaan maut terutama di jembatan karena tidak ada penerang jalan,” ucap Mokodompit.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Boltim Abdal Mamonto SE saat dikonfirmasi membenarkan akan beberapa PJU yang sudah rusak. Kata dia, pihaknya sudah turun melakukan pemeriksaan dan dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan.

“Sesuai hasil peninjauan kami dilapangan ada 50 PJU yang akan diganti karena sudah rusak. Rencananya perbaikan akan dilakukan dalam waktu dekat,” kata Mamonto.

Dia menyebutkan, paling tidak untuk renovasi PJU se-Kabupaten Boltim, pihaknya telah menyiapkan 120 unit PJU. Anggaran perbaikan atau perawatan PJU sekitar Rp 300 juta per tahun anggaran.

“Jadi tak hanya di Ibukota, tetapi hampir di semua desa akan kami perbaiki mana PJU yang sudah rusak. Sekarang barang sudah diadakan kita tinggal menunggu jika sudah ada maka langsung action melakukan perbaikan. Pun demikian untuk jembatan penghubung Tombolikat Selatan dan Tutuyan II akan diupayakan untuk pasang PJU,” pungkasnya.

(ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru