29 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Tingkatkan Literasi Keuangan, Dorong Anak Muda Menabung

MANADOPOST.ID— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan seluruh siswa SMP di Indonesia memiliki tabungan di bank. Upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan hal itu bertujuan untuk meningkatkan literasi serta inklusi keuangan di Indonesia, khususnya kalangan anak-anak muda.

“Kami punya program seluruh murid SMP akan diwajibkan mempunyai tabungan di bank. Ini sudah kami lakukan di beberapa kota ini media kita juga edukasi dan kita punya program program literasi keuangan untuk anak SMA dan termasuk mahasiswa,” ucapnya dalam Fintech Summit 2020, Rabu (11/11).

Sebenarnya, program ini sudah dijalankan OJK sejak 2019 demi meningkatkan capaian inklusi keuangan yang ditargetkan mencapai 75 persen.

Di samping itu, kata Wimboh, pembukaan rekening siswa SMP itu dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang memiliki pemahaman dan mengerti produk-produk keuangan bank.

Hal ini penting agar masyarakat lebih siap menerima perubahan yang cepat di sektor akses keuangan serta juga mendorong aksi menabung dari masyarakat. Pasalnya, menurut Wimboh, saat ini masih ada saja masyarakat yang menyimpan uang di rumah.

Padahal, menabung di bank merupakan salah satu langkah penting untuk menunjang kemampuan keuangan masyarakat ke depan. Di sisi lain, tabungan dari masyarakat juga bisa menambah kekuatan Dana Pihak Ketiga (DPK) bank.

“Ini kami yakin tidak bisa sendiri karena kami harus bekerja sama seluruh pemangku kepentingan. OJK, karena otoritas keuangan, jadi mempunyai peran yang sangat besar untuk meyakini semua nasabah,” tandasnya. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Warga Teteli Ditemukan Mengambang di Pantai Bulo

Sesosok mayat ditemukan mengambang di Pantai Bulo, Kecamatan Mandolang, Minahasa, Selasa (24/11).

Dukung Dunia Pendidikan di Masa Pandemi, PLN Peduli Beri Komputer ke Dua Sekolah di Sulut

Dua sekolah di Sulawesi Utara, yaitu SLB/B GMIM Damai Tomohon dan SMA Negeri 9 Manado, menerima bantuan sarana pendidikan berupa seperangkat peralatan komputer dari PLN UIW Suluttenggo, melalui program CSR PLN Peduli.

Penopang KEK Pariwisata, `Hidup` dari Swadaya Masyarakat

MANADOPOST.ID--Perjalanan menuju desa Lihunu dapat ditempuh sekira 60 menit dari dermaga Likupang. Dengan menaiki kapal sebagai transportasi umum. Namun perjalanan pekan lalu, Selasa (17/11), hanya ditempuh 30 menit. Menggunakan speed boat milik Murex Dive dan Resort dari Pantai Surabaya.

DPRD Usulkan Buka Jalur Pelayaran Amurang-Nusa Utara

MANADOPOST.ID--Ketua DPRD Sitaro Djon Pontoh Janis menyampaikan, bahwa pihaknya mengusulkan agar ada jalur pelayaran Amurang ke wilayah Nusa Utara.

Awas! Bakal Dipidana, Buzzer Pilkada Masuk Radar Polda-Bawaslu

MANADOPOST.ID—Dugaan keterlibatan buzzer (penggiring opini negatif) selama tahapan Pilkada 2020 di Provinsi Sulut, dalam sorotan. Semakin dekat hari pencoblosan, terpantau makin banyak berita bohong seliweran di medsos. Menjatuhkan paslon. Disinyalir sengaja dimainkan oknum buzzer yang memakai akun anonim (identitas tak jelas).