31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Banyak ‘Sakit’, Koperasi Sulut Antara Dibina Atau Binasakan

MANADO— Online Data Sistem Koperasi (ODSK), program kementerian, menunjukan total koperasi Sulut yang terdata sebanyak 6.220 koperasi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan. “Namun sayangnya, setelah di cek yang aktif ada 3.250, sisanya tidak aktif lagi,” ucapnya.

Lanjutnya, lebih parah lagi dari total yang aktif, tidak semuanya sehat sebab tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), keberadaan anggota yang tidak jelas, dan pengurusnya pun tidak pernah diganti. “Saat ini kami sementara bina dan mengupayakan supaya semua kembali sehat,” jelasnya.

Dia menambahkan sesuai dengan edaran gubernur 27 Oktober 2019, yang datang mendaftar kembali 1.223 koperasi. “Setelah kami periksa pun, yang dinyatakan aktif dan sehat hanya 325, yang lain sementara kami bina,” paparnya.

Dia mengancam pihaknya tidak segan membubarkan koperasi yang sudah tidak mau dibina lagi. “Sebagai contoh baru-baru ini, ada koperasi yang kami usulkan ke kementerian untuk dibubarkan, sebab anggota tinggal 2 orang, pengurusnya pun sudah tidak ada,” timpanya.

Dia mengimbau kepada seluruh pengurus koperasi yang aktif maupun tidak aktif untuk segera menjalankan koperasi sesuai undang-undang perkoperasian. “Kalau ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan, dan minta bantuan untuk pembinaan kami siap membantu, sehingga dari target pertumbuhan pemerintah pusat untuk adanya 200 koperasi yang go digital, Sulut bisa masuk didalamnya,” tandasnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.