25.4 C
Manado
Sabtu, 31 Juli 2021

2022 Wajib Pakai SAKTI, KPPN Imbau Pejabat Satker Segera Aktivasi OTP

MANADOPOST.ID—Dalam upaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk penyusunan laporan keuangan menjadi lebih ringkas, mudah dipahami, efektif dan efisien, pada tahun 2022 mendatang, Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) mewajibkan setiap pejabat pada satuan kerja (satker) menggunakan aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi).

Aplikasi yang bisa memudahkan Kemenkeu mengawasi progres keuangan kementerian dan lembaga ini, diklaim sebagai bentuk dukungan dan modernisasi untuk fungsi pengawasan dan akurasi anggaran negara.

Untuk itu, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manado Asyep Syaefudin selaku Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) di wilayah, menyampaikan pentingnya aktivasi One Time Password (OTP) sesegera mungkin oleh seluruh pejabat satker.

“Yang dibutuhkan untuk teman teman pejabat satker antara lain Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Penandatangan SPM (PPSPM), agar mempunyai kesadaran untuk segera mengaktivasi kode OTP,” terang Syaefudin.

Ia mengungkapkan bahwa penggunaan OTP SAKTI berfungsi sebagai pengamanan secara elektronik dalam proses pengiriman data antar modul SAKTI maupun pengiriman data dari SAKTI ke SPAN. “Dengan SAKTI, konsolidasi APBN seluruh satuan kerja pada tingkat kementerian maupun lembaga dapat menjadi lebih cepat dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya,” tambah Syaefudin.

Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Manado Undian Nugroho pun menambahkan Kepatuhan satker terhadap peraturan menteri dalam aktivasi OTP menuju penggunaan aplikasi SAKTI masih sangat minim.

“Pergerakannya masih kurang maksimal. Padahal target pada 16 Juli harus sudah 100 persen. Sementara per 12 Juli, baru 131 dari 268 satker di wilayah KPPN Manado yang melakukan aktivasi OTP,” tambah Nugroho.

Kepala KPPN Manado pun berharap agar setiap satker dapat segera melakukan aktivasi OTP hingga 16 Juli mendatang. “PPK, KPA dan PPSPM diharapkan untuk segera mengaktivasi OTP hingga 16 Juli mendatang. Sehingga pada saatnya nanti 2022 pelaksanaan anggaran yang ada di seluruh Indonesia bisa berjalan dengan lancar dengan aplikasi SAKTI,” tutup Syaefudin. (Desmianti Babo) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru