28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

800 Penyusun Laporan Keuangan Satker Ikuti Workshop UAKPA/UAPPA-W

MANADOPOST.ID- Sekira 800 peserta penyusun laporan keuangan satuan kerja (Satker) mengikuti workshop penyusunan laporan keuangan UAKPA-UAPPA-W Semester I Tahun 2021 secara daring melalui zoom dan kanal youtube Treasury Sulut yang dipusatkan di Aula Gedung Keuangan Negara Manado Lantai III Ruang A.A. Maramis Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani dalam sambutannya menjelaskan proses rekonsiliasi Tahun 2021 satuan kerja di lingkup Provinsi Sulawesi Utara berjalan dengan lancar. “Kami terus berupaya memberikan pelayanan yang dibutuhkan satker dalam upaya meningkatkan kualitas laporan keuangannya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, telah dilakukan pemetaan dan monitoring terhadap Satker yang perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan. “Dalam kesempatan ini kami ucapkan selamat dan apresiasi kepada satuan kerja lingkup KPPN Kotamobagu yang sudah mencapai 100 persen BAR Siap Download,” timpanya.

Disisi lain, Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wiwin Istanti menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya sinergitas antara direktorat akuntansi dan pelaporan Keuangan dengan DJPb Sulut.

“Kita ketahui, LKPP tahun 2020 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke lima kali berturut-turut sejak 2016. Ini hasil kerja keras kita sekalian,” tukasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut, berturut-turut dilanjutkan dengan materi oleh Kasubdit Sistem Akuntansi Rahmat Mulyono terkait Kebijakan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2021, Hesti Pratiwi Kasi Sistem Akuntansi Instansi tentang update Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan Versi 21.0.0 dengan metode first in first out (FIFO) dan Saripudin Kasi Sistem Akuntansi Pusat dengan materi update Aplikasi SAIBA Versi 21.0.0 & Kebijakan Rekonsiliasi Semester 1 TA 2021. (asr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru