alexametrics
33.4 C
Manado
Jumat, 24 September 2021
spot_img

BUMN Siap Hadapi The New Normal

MANADOPOST.ID–Menteri BUMN Erick Thohir menerbitkan surat edaran kepada seluruh Direktur Utama BUMN No S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020 tentang antisipasi skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam surat itu ada tiga hal yang diminta Menteri BUMN Erick Thohir. Pertama, di butuhkan seluruh elemen bangsa termasuk di dalamnya BUMN untuk mendukung langkah-langkah strategis pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Head of Region BNI Manado, Koko Prawira Butar-Butar menuturkan mengenai surat edaran tersebut, pihaknya sudah melakukan beberapa point. Antara lain, protokol penanganan Covid-19 terhadap karyawan nasabah.

“Tracking kondisi karyawan sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, setiap hari kami wajib melaporkan suhu tubuh dan kondisi kesehatan. Semua Langkah-langkah untuk penanganan terhadap pegawai terindikasi Covid-19 juga sudah dilakukan,” katanya ketika dihubungi kemarin malam.

Lanjutnya, untuk pegawai yang kurang dari 45 tahun, pihaknya masih menunggu dari pusat. “Intinya sebagai BUMN, kami tetap mendukung penuh semua aturan yang diberlakukan untuk mencegah peneybaran Covid-19,” tukasnya.

Terpisah, General Manager Angkasa Pusar Satu Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai pun memastikan akan mengikuti semua arahan dari pusat. “Sebagian besar sudah kami lakukan. Jika belum kami akan segera koordinasikan dan segera diterapkan dan dilakukan sesuai arahan,” tutupnya.

Berdasarkan Surat Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020, kebijakan ini dijalankan dengan tetap menerapkan protokol perlindungan karyawan dan pelanggan serta rantai lainnya. Pada tanggal tersebut, sektor yang diperkenankan untuk dibuka adalah sektor industri dan jasa dengan memperhatikan pengaturan jam masuk dan batasan kapasitas. Pabrik, pembangkit dan hotel juga diperkenankan dibuka dengan pembatasan karyawan masuk. Namun demikian setiap BUMN diminta untuk tetap menyesuaikan dengan konteks masing-masing.

Sejumlah hal diharap dilakukan BUMN agar dapat mengantisipasi skenario The New Normal. Selain memulai pembukaan usahanya, tiap BUMN diharapkan memiliki task force penangan Covid-19 dan menyesuaikan dengan skema The New Normal milik BUMN. BUMN juga diharapkan untuk mengkampanyekan gerakan optimisme dalam menghadapi The New Normal dan menjaga kedisiplinan dalam penerapan protokol penanganan Covid-19.(ayu/gnr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru