25.4 C
Manado
Sabtu, 31 Juli 2021

Kabar Gembira, 181 Ribu KPM sulut akan Segera Nikmati Bansos Beras, Bulog Pastikan Tuntas Sebelum PPKM Berakhir

MANADOPOST. ID–Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mempercepat penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) di masa PPKM.

Minggu (18/7) pagi tadi,
Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sulut dan Gorontalo melakukan Launching Bansos Beras PPKM 2021.

Kepala Bulog Divre SulutGo Eko Hari Kuncahyo, menyebutkan, khusus untuk Sulut total Kekuarga Penerima Manfaat (KPM) sekira 181.377 KPM. Dengan rincian 97.211 tercatat sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 84.166 penerima PKH.

“Total ada 171.377 KPM. Dengan total kuantum penyaluran sebanyak 1.813.770 Kilogram (KG), ” sebutnya.

Eko tak memungkiri, bahwa Presiden Jokowi memberikan instuksi secara tiba-tiba karena memang ingin menyasar para KPM saat pemberlakukan PPKM.

“Kami sudah bekerja sama dengan Dinsos, baik Provinsi maupun di masing-masing daerah, agar penyaluran Bansos ini tepat sasaran,” tekannya.

Dia menuturkan, khusus hari ini, penyaluran dilakukan secara simbolis dari Gudang Bulog yang ada di Kota Bitung. Karena tempatnya paling dekat.

“Nanti Kota dan Kabupaten lainnya mengikuti. Yang terpenting Bansos harus selesai disalurkan sebelum masa PPKM berakhir. Karena itu harapan Presiden,” tuturnya.

Lanjutnya, semua beras yang disalurkan merupakan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Yang selalu tersedia dan siap kapan pun dibutuhkan.

“Ini adalah CBP. Dan selalu tersedia jika ada permintaan secara mendadak. Seperti untuk bantuan bencana, termasuk untuk Bansos di masa PPKM ini,” tukasnya.

 

 

 

Pihak Dinsos dan Bulog usai meninjau ketersediaan beras di salah satu Gudang yang ada di Kota Bitung. (Ayurahmi/M)

Sementara itu, Kadis Dinsos Sulut Rini Tamuntuan melalui Sekretaris Albert Mamarimbing memastikan, penyaluran Bansos ini akan tepat sasaran, sesuai dengan nama KPM yang terdata.

“Kami memberikan apresiasi untuk Bulog yang secara cepat melakukan launching Bansos PPKM. Ini adalah tugas kita bersama, dan Dinsos akan mendukung dan melakukan monitoring agar Bansos tepat pada sasaran, ” tutupnya.

(ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru