28.9 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Bantuan UKM Jadi `Buah Bibir` Diskusi Kemenko Perekonomian

MANADO- Sektor UMKM Sulut mendapat perhatian lebih dan dinilai bisa menjadi unggulan di tingkat nasional.  Buktinya, salah satu pelaku UKM sekaligus Ketua Kadin UKM Naik Kelas Sulut Servie Kilis menjadi salah satu yang diundang dalam diskusi virtual yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) terkait bentuk perlindungan dan pemberdayaan sektor UMKM.

Kilis menjelaskan dirinya dipilih menjadi salah satu UKM di Indonesia mewakili Kadin untuk mengikuti diskusi tersebut. “Diskusi ini dilakukan bersama menko ekonomi untuk membahas masukan format yang bagus terkait UKM untuk menjadi masukan bagi presiden dalam merancang Perpres turunan dari undang-undang omnibuslaw,” bebernya.

Dia melanjutkan dalam kegiatan tersebut dia menyinggung terkait penyaluran bantuan uang tunai terhadap UKM yang dinilai tidak tepat sasaran. “Kenapa, permasalahannya dalam penyalurannya banyak yang diakalin, belum lagi dengan adanya kedekatan dengan orang-orang yang mengentry data sebab dilapangan banyak pelaku usaha yang tidak menerima ini,” jelasnya.

Dia mengaku saat ini pemerintah sedang mencari road map terhadap pemberian bantuan untuk UKM tersebut. “Untuk itu lagi saya mengusulkan agar yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan, misalnya bahan baku dan sebagainya, dan Kadin bisa menyediakan itu bekerjasama dengan produsennya tentu,Kami kan berdiri independen, kami akan mencari semua UKM di setiap daerah, kalau jadi ini yang akan menjadi salah satu yang di tetapkan,” imbuhnya.

Dia mengaku sangat bangga menjadi salah satu orang yang menjadi saksi dalam penetapan format peraturan presiden nantinya untuk kesejahteraan UKM. “Kami juga di forum tersebut mengusulkan agar e commerce menjadi bagian dari UMKM. Ini bagus namun kendalanya transportasi antar daerah yang pastinya akan tinggi, butuh sentuhan pemerintah dibidang ini,” tandasnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Tiga Tahun,  Pemkab Bagikan 11.819 Sertifikat Tanah

MANADOPOST.ID---Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel) berhasil membagikan sertifikat tanah gratis kurang lebih 11.819 sertifikat.

Kotamobagu Akan Terapkan Elektronifikasi Transaksi Pemda

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan pemerintah akan mengeluarkan regulasi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Bolmong Mulai Salurkan Bantuan Bantuan Tahap VII

MANADOPOST.ID--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menyalurkan Bantuan tahap VII bagi masyarakat terdampak akibat pandemi Covid-19.