28 C
Manado
Kamis, 26 November 2020

DANA Support Digitalisasi UMKM di Minut

MANADOPOST.ID–Dompet digital Indonesia, DANA, menunjukkan keseriusannya mendukung upaya pemerintah menggencarkan transaksi non tunai.

Khususnya dalam pemulihan dan pengembangan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lima kawasan pariwisata superprioritas. Kemarin, jajaran DANA Indonesia menyambangi kantor Pemkab Minahasa Utara (Minut).

Sekira 250 pelaku UMKM dibekali mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan usaha. DANA juga secara langsung membantu UMKM terhubung dengan ekosistem digital.

Ditasya Devi, Senior Merchant Acquiring and Operasional Manager, menjelaskan DANA punya platform yang mendukung upaya UMKM Go Digital yakni DANA Bisnis. Fitur ini bisa menekan transaksi tunai yang beresiko di masa pandemi.

“DANA bisnis memudahkan transaksi UMKM. Uang yang masuk ke aplikasi bisa ditransfer ke rekening atau diambil cash di mitra-mitra kami, seperti Indomaret dan Alfamidi. Setiap transaksi tidak ada biaya,” jelas dia.

Sementara itu, Agustina Samara, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA mengungkapkan, pandemi Covid-19 berdampak pada sektor pariwisata yang selama ini menjadi penopang perekonomian Sulut. Di satu sisi, kondisi ini bisa jadi momentum untuk melakukan transformasi di bidang pariwisata.

“Pelaku sektor pariwisata termasuk UMKM harus bisa beradaptasi menghadapi tantangan yang terjadi saat ini maupun ke depan dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya.

Agustina menambahkan, DANA dengan teknologinya yang mengusung platform terbuka dapat bersinergi dengan banyak pihak untuk membangun ekosistem yang cashless sebagi solusi di era digital. DANA juga menjadi sahabat UMKM yang menghadirkan teknologi inklusif.

Diharapkan juga dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM. “Dengan bergabung dalam DANA Bisnis, pelaku UMKM bukan hanya terhubung dengan ekosistem digital, tapi juga akan mendapat pendampingan dalam mengembangkan usahanya sekaligus kesempatan untuk dipromosikan secara lebih luas,” urai dia.

Kunjungan ke Sulut merupakan lanjutan dari upaya DANA mendukung percepatan digitalisasi UMKM. DANA sebelumnya menggelar kegiatan serupa di Banyuwangi dan Mandalika, Lombok.

Hal ini juga sebagai komitmen DANA dalam mendukung target pemerintah menghubungkan 2 juta UMKM dengan ekosistem digital hingga akhir 2020. Saat ini, sebanyak 200.000 UMKM telah bergabung dengan DANA Bisnis, fitur khusus yang disediakan DANA untuk membantu UMKM dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.

Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey yang turut hadir bersama jajaran Forkopimda di Pendopo Kantor Bupati, mengapresiasi inisiatif DANA. “Minut punya banyak potensi salah satunya di Likupang, itulah kenapa penting kita menggencarkan program Go Digital ini untuk memperlancar aktivitas transaksi yang aman dan nyaman,” tutur dia.

Dia berharap, geliat UMKM terutama yang  bersentuhan dengan pariwisata bisa memacu produktivitas para pelakunya. “Semakin melek teknologi semakin mudah berinovasi. Kalau sudah aman pasti lebih banyak yang datang ke kawasan wisata andalan kita,” tutupnya. (cw-01/jen)

-

Artikel Terbaru

Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Internet Desa Lambat

MANADOPOST.ID—Penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan internet desa di 101 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe lambat. Diketahui, anggaran pengadaan internet desa sebesar Rp 6,06 miliar.

AHY Datang, Makassar Membiru

MAKASSAR—Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan Gerilya Nusantaranya. Kali ini Ketum AHY turun langsung ke Makassar untuk meyakinkan partainya kompak dan solid memenangkan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman).  

CPNS 2019 Jalani Magang

MANADOPOST.ID--Mulai awal Desember 2020, 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu formasi tahun 2019 akan dikumpul Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu.

Mimpi Menjadi Nyata Bersama JKN-KIS

MANADOPOST.ID—Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bea Cukai Musnakan Rokok dan MMEA Ilegal, Nilainya Capai Rp1,1 Miliar

MANADOPOST.ID— Rabu (25/11) kemarin, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Wilayah Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Manado dan Bitung di Kantor KPPBC Manado