27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

BI Dorong Peningkatan Kualitas Kopi Sulut

MANADOPOST.ID—Mengutip data dari International Coffee Organization (ICO) selang Oktober 2019 hingga September tahun ini, Indonesia menjadi negara terbesar keempat di dunia pengekspor kopi.

Angka ini semakin meyakinkan, bahwa kopi menjadi potensi besar yang bisa mendorong peningkatan ekspor di Indoensia, termasuk di Sulawesi Utara (Sulut) yang juga memiliki lahan pertanian dan hasil produksi kopi yang berkualitas.

Hal ini, melatarbelakangi kegiatan ‘Urban Coffee Festival’ yang diprakarsai oleh Bank Indonesia Perwakilan Sulut.

Deputi Kepala Kantor BI Sulut Eko Irianto mengatakan, bisnis café yang menjual berbagai macam rasa kopi semakin banyak. Yang salah satu faktor didorongnya adalah perubahan gaya hidup masyarakat.

“Café di Sulut sangat banyak. Karena permintaan kopi pun kian besar. Tapi9 sayangnya kopi yang digunakan di impor dari luar. Karena kualitas kopi kita yang masih belum terlalu dikenal luas. Sehingga, Urban Coffee Festival ini, akan mempertemukan para petani kopi, dan juga para barista yang ada di Sulut,” katanya.

Eko membeber, pihaknya telah melakukan survei ke 11 wilayah penghasil kopi di Sulut. Dari 11 wilayah ada lima yang dinilai mampu memproduksi kopi dengan kualitas yang terbaik.

“Kami melakukan survei di 11 wilayah. Hasilnya ada beberapa wilayah yang menjadi penghasil kopi dengan kualitas baik. Diantaranya, Minahasa dan beberapa wilayah di BMR,” bebernya.

Dia pun berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan memperkuat sinergitas antara semua elemen baik petani hingga pengusaha untuk membuat kopi asal Sulut bisa tembus ke pasar internasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Harapan kami Urban Coffee Festival ini bisa memberikan multiplier effek yang baik bagi perekonomian Sulut kedepannya,” harapnya.

Diketahui, Urban Coffee Festival akan digelar selama tiga hari. Terhitung mulai hari ini, Kamis (19/11) hingga Sabtu (21/11).

Para peserta akan mengikuti beberapa kegiatan antara lain, talkshow bisnis café di era kopi single origin, talkshow health dan coffee dengan pembicara Coffeepreneur Instructor 5758 Andi Yuwono, dan open class basic principles of espressp brewing dengan menghadirkan trainer Andi Toroepeatjeka selaku Baeista Instructor 5758 dan  ACF Licensed Instructor. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).