30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Dorong Peningkatan Kualitas Kopi, BI Gelar Urban Coffee Festival

MANADO— Mengutip data dari International Coffee Organization (ICO) selang Oktober 2019 hingga September tahun ini, Indonesia menjadi negara terbesar keempat di dunia pengekspor kopi.

Angka ini semakin meyakinkan, bahwa kopi menjadi potensi besar yang bisa mendorong peningkatan ekspor di Indoensia, termasuk di Sulawesi Utara (Sulut) yang juga memiliki lahan pertanian dan hasil produksi kopi yang berkualitas.

Hal ini, melatarbelakangi kegiatan ‘Urban Coffee Festival’ yang diprakarsai oleh Bank Indonesia Perwakilan Sulut. Yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (19/11) hingga Sabtu (21/11) bertempat di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center.

Deputi Kepala Kantor BI Sulut Eko Irianto mengatakan, bisnis café yang menjual berbagai macam rasa kopi semakin banyak. Salah satu faktor pendorongnya adalah perubahan gaya hidup masyarakat, yang menjadikan kopi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Café di Sulut sangat banyak. Karena permintaan kopi pun kian besar. Tapi sayangnya kopi yang digunakan di impor dari luar. Karena kualitas kopi kita yang belum dikenal luas. Sehingga, Urban Coffee Festival ini, akan menjadi wadah bagi para petani dan barista yang ada di Sulut, akan bisa bersinergi ,” katanya.

Eko membeber, sebelum kegiatan ini, pihaknya telah melakukan survei ke 11 wilayah penghasil kopi di Sulut. Dari 11 wilayah itu, ada lima yang dinilai mampu memproduksi kopi dengan kualitas yang terbaik.

“Kami melakukan survei di 11 wilayah. Hasilnya ada beberapa wilayah yang menjadi penghasil kopi dengan kualitas baik. Diantaranya, Minahasa dan beberapa wilayah di BMR,” bebernya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan memperkuat sinergitas antara semua elemen baik petani hingga pengusaha untuk membuat kopi asal Sulut bisa tembus ke pasar internasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi. “Harapan kami Urban Coffee Festival ini bisa memberikan multiplier effect bagi perekonomian Sulut kedepannya,” harapnya.

Diketahui, Urban Coffee Festival yang akan digelar tiga hari ini, terdiri dari beberapa kegiatan antara lain, talkshow bisnis café di era kopi single origin, talkshow health dan coffee dengan pembicara Coffeepreneur Instructor 5758 Andi Yuwono, dan open class basic principles of espressp brewing dengan menghadirkan trainer Andi Toroepeatjeka selaku Baeista Instructor 5758 dan ACF Licensed Instructor. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.