31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Ateng Hartono: Sebagian Besar Pekerja Sulut di Sektor Informal

MANADOPOST.ID- Banyak data yang menarik yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)  Sulut di sela diskusi ‘Ekonom Sulut Optimis Bertahan di Tengah Covid-19’ yang diinisiasi oleh Manado Post, Selasa (21/4), siang hingga sore tadi.

Selain penurunan persentase dalam sektor pariwisata, konsumsi dan ekspor, Kepala BPS Sulut Ateng Hartono membeber, sebagian besar angkatan kerja Sulut ada pada sektor informal.

“Perlu dicatat, 54 persen pekerja Sulut berada di sektor informal. Sektor ini paling banyak yang terpukul,” sebutnya.

Sementara mengenai PE triwulan satu,  Hartono pun masih enggan menyebutkan berapa estimasinya.  Namun dia menekankan, menilai PE berdasarkan dari dua faktor.  Faktor internal dan eksternal.  Artinya secara eksternal itu akan dipengaruhi oleh ekspor dan impor.  “Harus diakui ekpor kita mengalami penurunan.  Karena beberapa negara juga masih menerapkan lockdown.  Jadi ekspor akan terganggu,” tekannya.

Sementara, lanjutnya, untuk faktor internal, ada bantuan yang diberikan pemerintah melalui berbagai kebijakan.  ” Jika ini bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran maka akan memberikan kontribusi positif,” yakinnya.

Sambungnya berdasarkan pergerakan ekonomi, konsumsi rumah tangga juga memberikan kontribusi yang baik.  “Tapi saat Ini telah terjadi penurunan. Karena terjadi pergeseran dari konsumsi siap saji ke masakan sendiri. Inilah sebabnya banyak usaha rumah makan omzetnya menurun, ” katanya.

Dia berharap dengan berbagai kebijakan yang diterapkan dapat membuat ekonomi Sulut membaik.

Diketahui, diskusi ini diarahkan Direktur Utama (Dirut) Manado Post Suhendro Boroma dan Pemred Tommy Waworundeng. Sejumlah narasumber ikut ambil bagian. Diantaranya, Assisten III Bidang Perekonomian Setprov Sulut Praseno Hadi, Kepala OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo, Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala BPS Sulut Ateng Hartono, Dirut Bank Sulut Jeffry Dendeng, Ketua APRINDO Sulut Andy Sumual, Direktur Operasional Mantos Rudini Wijaya, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat, Magdalena Wullur, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat Hizkia Tasik, Sekdis Distanak Sulut Titov Manoy.(ayu)

Baca berita selengkapnya di Manado Post edisi 22 April 2020

-

Artikel Terbaru

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.