31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Pandemi COVID-19, Ini Saran Ekonom Hizkia Tasik

MANADOPOST.ID- Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pengamat ekonomi Sulut Hizkia Tasik menyampaikan pemerintah tidak perlu khawatir jika penerbangan hanya tinggal 20 persen. “20 persen penerbangan di Sulut masih baik dibanding Air Asia yang sudah merumahkan 96% maskapai. Juga salah bisnis travel terbesar, trip.com, yang turun 90% pada Maret 2020,” bebernya.

Dosen Unsrat Manado ini menyarankan untuk mengambil sisi positif dari akibat yang ditimbulkan Covid-19. “Ini momen tepat untuk melakukan pembenahan dalam industri UMKM, pariwisata, dan perikanan. 2Pembenahan teknologi juga, seperti command center sistem informasi terintegrasi dalam berbisnis dan bersosial, dan GPS tracking individu. Kita bisa belajar dari Korea terkait penggunaan teknologi dan dari Taiwan dengan teknologi sederhananya,” katanya, di sela diskusi ‘Ekonomi Sulut Optimis Bertahan di Tengah Covid-19’ yang diinisiasi oleh Manado Post, Selasa (21/4).

Juga lanjutnya, diseminasi informasi peluang bisnis digital dari pemerintah. “Dengan menggalang penggunaan medsos sebagai sumber income UMKM terdampak. Karena pemerintah memiliki jaringan untuk mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 jam. Siapa yang bisa buat konten dengan topik tertentu akan dimuat pada YouTube komersil pemerintah,” sarannya.

Tasik juga membeber beberapa hal yang perlu diwaspadai. “Harga saham turun mendorong buyback yang menurunkan aset dan equity. Juga universal shock bukan hanya economic shock. Gelombang yang ada, kesehatan, ekonomi, pengangguran, kemiskinan, krisis sosial dan kriminalitas,” tukasnya.

Diketahui, diskusi ini diarahkan Direktur Utama (Dirut) Manado Post Suhendro Boroma dan Pemred Tommy Waworundeng. Sejumlah narasumber ikut ambil bagian. Diantaranya, Assisten III Bidang Perekonomian Setprov Sulut Praseno Hadi, Kepala OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo, Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala BPS Sulut Ateng Hartono, Dirut Bank Sulut Jeffry Dendeng, Ketua APRINDO Sulut Andy Sumual, Direktur Operasional Mantos Rudini Wijaya, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat Magdalena Wullur, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat Hizkia Tasik, Sekdis Distanak Sulut Titov Manoy.(ayu)

Baca berita selengkapnya di Manado Post edisi 22 April 2020

-

Artikel Terbaru

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.

Seminar dan Ujian Pascasarjana Unsrat Dilakukan Online

MANADOPOST.ID— Permohonan mahasiswa untuk melakukan seminar dan ujian pada program Pascasarjana Unsrat dilakukan secara online. Hal ini dipastikan Direktur Pascasarjana Unsrat Markus Talintukan Lasut.