22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Sumual: Sempat Terjadi Panic Buying, Kini Pengunjung Ritel Menurun

MANADOPOST.ID- Bisa dikatakan, perusahaan ritel di Sulut yang masih membuka operasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mengutip data yang disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Sulut Andy Sumual, Maret kemarin sempat terjadi panic buying yang disebabkan oleh isu penyebaran covid-19.

“Maret sempat panic buying. Namun April ini sudah mengalami penurunan, meskipun belum dapat dirinci secara pasti berapa persen penurunannya,” sebut Sumual di sela diskusi online yang digagas Manado Post, Senin (21/4), kemarin, dengan tema ‘ Ekonomi Optimis Bertahan di Tengan Covid-19’.

Dia membeber, jika dibandingkan periode sama tahun lalu, asumsi penurunan ada di angka 10 persen. Hal ini didasari oleh, banyaknya acara yang digelar. Mulai dari Paskah hingga Pemilihan Legislatif (Pileg). “Tahun ini kan semua perayaan itu tidak ada. Sehingga konsumsi ikut menurun. Sekarang yang banyak dibeli adalah barang home care,” bebernya.

Meskipun demikian, Sumual bersyukur, sampai sekarang Aprindo Sulut belum merumahkan karyawan. “Belum ada karyawan yang dirumahkan dalam sektor ritel,” syukurnya, sembari meminta agar pemerintah bisa mempertahankan daya beli masyarakat. “Daya beli masyarakat harus dijaga,” tutupnya.

Diketahui, diskusi ini diarahkan Direktur Utama (Dirut) Manado Post Suhendro Boroma dan Pemred Tommy Waworundeng. Sejumlah narasumber ikut ambil bagian. Diantaranya, Assisten III Bidang Perekonomian Setprov Sulut Praseno Hadi, Kepala OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo, Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala BPS Sulut Ateng Hartono, Dirut Bank Sulut Jeffry Dendeng, Ketua APRINDO Sulut Andy Sumual, Direktur Operasional Mantos Rudini Wijaya, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat Magdalena Wullur, Pengamat Ekonomi/Dosen Unsrat Hizkia Tasik, Sekdis Distanak Sulut Titov Manoy.(ayu)

Baca berita selengkapnya di Manado Post edisi 22 April 2020

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.