26 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

Periode Satu Bulan Perikanan Sumbang 27,57 Ton Komoditi Ekspor untuk Sulut

MANADO— Selama periode 23 September hingga 14 Oktober, perikanan menyumbang 27,57 ton komoditi dari total 29,08 ton komoditi yang di ekspor keluar negeri dari Sulut pada periode tersebut. Hal ini diungkapkan Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ir. Tienneke Adam, M.Si. “1,51 ton lainnya disumbang oleh komoditi pertanian kita, dari total 29 ton sekian tersebut, tercatat devisa yang berhasil kita collect sebanyak 3,5 miliar rupiah,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Christie Saruan SP MSi menjelaskan ada 4 ekspor yang dilakukan komoditi perikanan pada periode tersebut, yaitu pada tanggal 23 dan 30 September serta 7 dan 14 Oktober. “Yang pasti dari perikanan, fresh tuna masih menjadi komoditi andalan ekspor kita, memang ada lobster tapi hanya sedikit,” terangnya.

Dia melanjutkan, komoditi perikanan yang diekspor tersebut adalah murni berasal dari perairan Sulut. “Kami terus berupaya untuk menyediakan sesuai dengan kebutuhan ekspor. Masyarakat jangan kuatir, malah kalau tidak mencukupi garuda sudah menjanjikan kami 1 minggu 2 kali penerbangan, untuk sekarang masih 1 kali flight rutin setiap rabunya,” jelasnya.

Kata dia, apabila ekspor ini berjalan dengan baik maka ini merupakan kesempatan besar bagi masyarakat khususnya yang bergelut pada komoditi perikanan karena tidak menutup kemungkinan ekspor akan dilakukan ke negara lainnya dari Manado.

“Yang pasti penting untuk paham cara penanganan ikan. Selama ini nelayan kita hanya memerhatikan kuantitasnya saja dan tidak perhatikan kualitas. Mereka harus paham, kalau bisa menangkap satu saja dengan kualitas ekspor grade A itu mantap, daripada tangkap 10 tapi under grade,” tandasnya. (Asr)

-

Artikel Terbaru

Jasa Raharja Salur 35,1 Miliar Santunan Lakalantas

Hingga November PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara telah menyerahkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 35,1 miliar.

Tidak Perlu Percaya Hoax, PAHAM Masih Teratas

Pendukung fanatik dan militan paslon wali kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) dan wakil wali kota Harley Mangindaan (AiM) tidak perlu merasa terganggu dengan upaya pembentukan opini miring yang disampaikan oleh lawan-lawan politik PAHAM terkait dengan hasil riset yang dilakukan lembaga survei Indobarometer yang menempatkan elektabilitas paslon PAHAM sudah mencapai 39,5 persen atau selisih 12,2 persen dengan paslon berikutnya.

Diutus Khusus, Pdt Arina dan Pelsus GMIM Doakan PAHAM

Masuknya nama Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM Penatua Prof DAr Julyeta Amelia Paulina Runtuwene MS (JPAR) dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Manado Timur IV Penatua Dr Harley Mangindaan, dalam daftar calon wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan bertarung dalam pilkada 9 Desember mendatang, rupanya menjadi perhatian khusus BPMS GMIM.

Taman Baca Beroperasi 2021

Semakin berkembangnya zaman, namun disayangkan minat baca masyarakat semakin minim.

Bagi-Bagi Masker Gratis Cegah Covid-19

UPTD Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) turut serta mengampanyekan Gerakan Bersama (Gema) 3M Lawan Covid-19.