28 C
Manado
Sabtu, 5 Desember 2020

Restrukturisasi Kredit Diperpanjang Hingga 2022

MANADOPOST.ID—Akhir November ini, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) mengenai perpanjangan restrukturisasi kredit akan dirilis oleh OJK.

“Akhir bulan ini aturan POJK nya keluar,” ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana dalam Webinar Forum Diskusi Finansial, Jumat (20/11).

Dia mengatakan,  pihaknya telah meminta pendapat dari berbagai pihak dalam menyusun POJK terkait perpanjangan restrukturisasi kredit hingga Maret 2022. Hal ini agar tak ada kesalahan dalam menerbitkan kebijakan.

“Kami minta pendapat dari asosiasi, legal review supaya tidak ada kesalahan dalam membuat kebijakan,” imbuhnya.

Ia menyatakan perpanjangan relaksasi restrukturisasi kredit diperlukan karena ekonomi belum pulih. Pasalnya, kasus penularan virus corona masih terus meningkat.

“Tambahan-tambahan kasus penularan terjadi setiap hari. Ini tentu menjadi salah satu alasan kenapa kami mulai berpikir aturan relaksasi akan berakhir Maret 2021. Tapi posisi sekarang kami belum melihat ada tanda-tanda (kasus penularan) mereda,” paparnya.

Dengan kata lain, lanjutnya,  perpanjangan relaksasi restrukturisasi kredit merupakan upaya antisipasi dari OJK. Kebijakan ini, kata Heru, akan membuat sektor riil lebih percaya diri.

“Untuk berikan sektor riil lebih percaya diri, otoritas harus berikan respons cepat. Dengan ada restrukturisasi, maka ada kepastian bagi mereka untuk tetap menjalankan usahanya,” tukasnya.

Sebagai informasi, mulanya OJK menetapkan relaksasi restrukturisasi kredit sampai Maret 2021. Hal itu tertuang dalam POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease.

Kini, OJK memutuskan untuk memperpanjang kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit selama satu tahun hingga Maret 2022. Kebijakan ini akan dimuat dalam POJK baru. (ayu)

-

Artikel Terbaru

Para Pelaku Pariwisata Berharap Pada Vaksin

MANADOPOST.ID- Kehadiran vaksin menjadi penting ketika angka positif COVID-19 menunjukkan penambahan kasus setiap hari. Angka-angka kasus positif yang terus bertambah ini tidak hanya terjadi di Indonesia

50 Persen ASN Mitra WFH

MANADOPOST.ID—Mulai pekan depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Minahasa Tenggara (Mitra), akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) David Lalandos, Jumat (4/12).

Oknum Hukumtua Segera Ditahan Kejaksaan

MANADOPOST.ID—Oknum Hukum tua (Kumtua) Desa Malenos Baru, berinisial ST alias Sjeny dalam waktu dekat dipastikan ditahan dalam kasus dugaan penyalahgunaan Dana desa (Dandes).

Bertarung Nyawa, 40 Menit GSVL Dihantam Gelombang

MANADOPOST.ID-Cuaca buruk yang disertai dengan angin kencang dan gelombang tinggi selang 2 hari berturut-turut di kota Manado

DPR RI: Tarif Tol Manado-Bitung Mahal

MANADOPOST.ID—Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melaksanakan agenda rutin tahunan dengan mengunjungi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (4/12).