25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Pemerintah Atur Mekanisme Perusahaan Tanggung Vaksin Karyawan

MANADOPOST.ID–Kabar gembira bagi seluruh karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Pasalnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program vaksin Covid-19 jalur mandiri akan diberlakukan secara gratis untuk karyawan.

Dia memastikan, pemerintah akan mengatur mekanisme pembelian oleh sektor industri tertentu sambil mempersiapkan payung hukum untuk program vaksin mandiri.

“Itu akan mengatur pembelian oleh sektor-sektor industri tertentu dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga,” katanya pada konferensi pers daring, Kamis (21/1).

Dia menyatakan salah satu teknis yang tengah dipersiapkan adalah sumber dari vaksin itu. Nantinya, sumber vaksin yang digunakan untuk kedua program akan dibedakan.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan lewat dua jalur. Yakni, vaksin gratis dari pemerintah dan mandiri alias berbayar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan segera memutuskan mekanisme program dengan pertimbangan demi mempercepat proses vaksinasi di dalam negeri.

“Banyak dari pengusaha sampaikan, pak bisa tidak vaksin mandiri? Ini baru kami akan putuskan karena perlu untuk dipercepat,” ujar Jokowi

Ia menyatakan tidak ada salahnya dengan vaksinasi mandiri. Sebab, biaya vaksinasi akan ditanggung oleh perusahaan.

“Apalagi, biaya ditanggung perusahaan sendiri, kenapa tidak? Sekali lagi kami harus kelola isu ini dengan baik,” imbuhnya.

Jokowi menegaskan vaksinasi covid-19 secara mandiri bisa dilakukan asalkan merek vaksinnya berbeda dari vaksin yang diberikan secara gratis. Selain itu, tempat untuk vaksinasi juga berbeda. (ayu)

Artikel Terbaru