alexametrics
28.4 C
Manado
Rabu, 8 Desember 2021
spot_img

Waspada Tawaran Pinjol Melalui SMS dan WhatsApp!

MANADOPOST.ID— Bagi Anda yang sering mendapatkan short message service (SMS) atau WhatsApp mengenai tawaran Pinjaman Online (Pinjol), harap untuk tidak meresponnya.

Karena, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan, bentuk tawaran Pinjol tersebut berstatus ilegal, dan bisa merugikan masyarakat.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot menyebut biasanya pinjol ilegal itu menggunakan nomer yang tak dikenal pengguna ponsel.

Sekar menegaskan, OJK melarang pinjol yang terdaftar resmi dan berizin OJK untuk menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi.

“Fintech lending atau pinjol yang terdaftar dan berizin OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi, baik SMS maupun pesan instan pribadi tanpa persetujuan konsumen,” ungkap Sekar.

Dia berpesan pada masyarakat, jika menerima pesan yang menawarkan pinjaman dari nomer tak dikenal, Sekar menyarankan untuk mengabaikan dan segera menghapusnya, kemudian memblokir nomer tersebut.

Sekar juga mengimbau agar konsumen tidak menghubungi kontak yang tertera pada pesan pinjol ilegal, juga jika ada, tidak mengklik tautan pada pesan.

Lebih lanjut, konsumen kembali diingatkan untuk tidak tergiur dengan penawaran pinjol ilegal. Biasanya, mereka menawarkan pinjaman cepat tanpa agunan apapun.

“Pastikan selalu cek legalitas pinjol ke Kontak OJK 157, dan meminjam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk melunasi pinjaman,” pintanya.

Terakhir, konsumen diminta untuk mengecek legalitas pinjol yang terdaftar dan berizin OJK. Hingga 10 Juni 2021, ada 125 perusahaan pinjol yang terdaftar dan berizin OJK yang dapat dilihat di sini.

“Sebagai antisipasi, OJK telah menyediakan beberapa opsi untuk menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen, yakni Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157, email konsumen@ojk.go.id, atau nomer WhatsApp 081 157 157 157,” tutupnya. (ayu)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru