30 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Bandara Samrat Dapat Subsidi Tarif Penumpang, Berlaku untuk Pembelian Tiket Hingga 31 Desember

MANADOPOST.ID– Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado menjadi satu dari lima bandara di bawah PT Angkasa Pura I (Persero) yang mendapatkan stimulus penerbangan melalui subsidi tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

Di mana, stimulus tersebut diberikan kepada pengguna jasa pesawat udara yang melakukan pembelian tiket pesawat mulai 23 Oktober – 31 Desember 2020 mendatang.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi menjelaskan, kebijakan itu ditetapkan sesuai nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal

Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Yang ditandatangani bersama di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada Kamis (22/10) lalu.

“Sebagai operator bandara kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi industri penerbangan yang sangat terdampak oleh pandemi global Covid-19,” ujarnya.

Dia mengakui,  Angkasa Pura I sangat merasakan imbas buruk dari pademi Covid-19. Baik dari segi operasional maupun bisnis.

Dia membeber, sejak 1 Januari – 31 September 2020, Angkasa Pura I tercatat melayani hingga 24.560.143 penumpang melalui 15 bandara yang kami kelola atau mengalami penurunan hingga 58 persen dibanding pada periode yang sama di tahun 2019 yang melayani hingga 61.159.240 penumpang.

“Penurunan cukup tajam juga terjadi pada trafik pergerakan pesawat di mana pada periode 1 Januari – 31 September 2020 hanya mencapai 308.669 pergerakan atau mengalami penurunan hingga 45 persen dibanding pada periode yang sama di tahun 2019 yang mencapai 568.514 pergerakan,” bebernya.

Namun, lannutnya, sebagai upaya untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan udara, penerapan protokol kesehatan di 15 bandara Angkasa Pura I telah dijalankan sesuai dengan standar global yang mengacu pada World Health Organization (WHO) dan International Civil Aviation Organization (ICAO).

Atas konsistensi penerapan protokol kesehatan di bandara ini, pada 21 Agustus lalu Angkasa Pura I berhak menyematkan stempell “Safe Travel” dari World Travel and Tourism Council (WTTC) di mana penyematan stempel ini merupakan yang pertama kali di sektor kebandarudaraan Indonesia.

Selain itu pada 15 Oktober lalu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih sertifikat Inisiasi Koridor Sehat atau Safe Corridor Initiative (SCI) dari Incheon International Airport Corporation (IIAC) yang berbasis di Korea Selatan.

“Pemberian stimulus PJP2U ini secara langsung akan membuat harga tiket penerbangan dari 6 bandara yang kami kelola menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Kami berharap adanya kebijakan ini mampu mendorong kepercayaan diri bagi masyarakat untuk mulai bepergian lagi dengan menggunakan pesawat udara serta yang paling utama menggeliatkan kembali  perekonomian & pariwisata sekitar,” tukasnya.

Dari sisi maskapai, General Manager Garuda Indonesia Cabang Manado Kacfee Kindangen menyambut baik stimulus tersebut. Meskipun menurutnya, informasinya hanya sekedar pembebasan biaya airport tax. “Jika hanya pembebasan airport tax, Manado hanya berkurang Rp55 ribu,” tutupnya singkat. (ayu)

Bandara yang Mendapatkan Stimulus PJP2U:

* Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

* Bandara Internasional Yogyakarta  Kulon Progo

* Bandara Adisutjipto Yogyakarta

* Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

* Bandara Sam Ratulangi Manado

* Bandara Internasional Lombok

Sumber: AP I diolah Manado Post, Oktober, 2020.

-

Artikel Terbaru

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Bajeto 341 Lingkungan Solid Menangkan JGE-VB

Kekuatan pendukung dan simpatisan Pasangan Calon (Paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker, (JGE-VB) kian hari terus bertambah.

Pilih Mor, Rekaman Bersama Enda Ungu

Personel Band Ungu Franco Medjaya Kusumah atau akrab disapa Enda, menunjukkan keseriusannya memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP).

VAP – HR Merajai Pelosok Sulut

Sosok calon Gubernur Sulut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang selalu peduli masyarakat kecil, terus dicintai warga hingga di daerah pelosok di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Perhatian-perhatian! Pintu Teater Dibuka 5 Desember

"Perhatian-perhatian. Pintu teater telah dibuka. Bagi Anda yang telah memiliki karcis dipersilahkan untuk memasuki ruangan teater…” Rindu dengar kalimat tersebut? Sebentar lagi rindu anda terobati.