32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Pandemi Covid-19, Ekspor Ikan Kaleng Terhambat

MANADOPOST.ID—Dari sisi industri perikanan, eksportir perikanan Bitung Abrizal Ang mengatakan, Covid-19 memberikan dua dampak. Positif dan negatif. Negatifnya karena sebagian besar negara tujuan ekspor ikan kaleng sudah melakukan lockdown.

Bahkan dia membeber, ada sekira 50 kontainer produk ikan kaleng yang tak bisa diekspor. Satu kontainer nominalnya mencapai Rp600 juta. Namun sisi positifnya, produksi ikan kaleng, menjadi bagian dari bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat di masa siaga covid-19.

Jadi meskipun ekspor menurun karena kebijakan lockdown, namun permintaan lokal cukup banyak. Namun, katanya, yang menjadi persoalannya adalah, kami yang biasanya melayani permintaan dalam jumlah pengalengan yang besar, membutuhkan waktu untuk memenuhi permintaan dalam kaleng yang kecil.

“Berbicara soal strugle, kami pun sama. Tapi sebagai pengushaa apalagi di industri perikanan kami sudah terbiasa menghadapi masa- masa sulit. Bahkan sejak lima tahun yang lalu,” ucapnya, saat diskusi virtual mengenai ‘WFH, PHK, dan Produktivitas di Masa Covid-19’ yang diinisiasi oleh Manado Post, Senin (27/4) kemarin.

Dia pun tetap bersyukur, hingga kini, belum ada karyawan yang dirumahkan. Tapi masuk berdasarkan ship.

“Dari biasanya 800 karyawan yang masuk bersamaan, sekarang dibagi per ship karena mengikuti anjuran sosial distancing. Kebijakan ini pun mempengaruhi jumlah produksi. SDM yang sedikit pasti membuat volume produksi menurun. Tapia pa pun itu kami tetap bersyukur. Mungkin yang penting adalah peran pemerintah untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan, dan masukan ikan kaleng dalam paket bantuan pemerintah. Kami tidak akan ambil untung sedikit pun untuk membantu pemerintah dam masyarakat yang membutuhkan,” tukasnya.(ayu)

-

Artikel Terbaru

152 CPNS Bolsel Gagal

MANADOPOST.ID---Usai melalui proses yang panjang,  akhirnya hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolsel diumumkan.

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.