31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Epson Ciptakan Pembelajaran Jarak Jauh yang Interaktif dan Menyenangkan Bagi Siswa

MANADOPOST.ID—Pada kondisi di mana sekolah dan kampus harus menyesuaikan diri dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Baik secara daring maupun luring demi kelangsungan kegiatan belajar mengajar bagi siswa atau mahasiswa yang harus belajar dari rumah.

Berbagai tantangan yang dihadapi guru dan dosen saat melaksanakan pembelajaran di antaranya konsentrasi siswa atau mahasiswa berkurang. “Berangkat dari kondisi tersebut, Epson sebagai salah satu perusahaan teknologi IT hardware yang memiliki komitmen secara terus menerus mendukung dunia pendidikan melalui berbagai produk dan inovasi. Serta mencoba menyediakan solusi pembelajaran jarak jauh dua arah yang lebih interaktif dan atraktif,” kata Senior Product Marketing Manager Visual Instrument and Printer Epson Indonesia, Zanipar SA Siadari.

Melalui teknologi proyektor interaktif ultra short throw, kata dia Epson telah memperlengkapi produk ini dengan fitur-fitur canggih yang dapat diimplementasikan sebagai media belajar dan mengajar guna mendukung konsep pembelajaran jarak jauh.

Pada skenario PJJ daring, guru di sekolah dapat mengajar menggunakan proyektor interaktif EB-1485Fi dengan memanfaatkan aplikasi Easy Interactive Tools yang sudah disediakan oleh Epson dan terhubung dengan aplikasi video conference melalui laptop. Sistim pembelajaran akan berlangsung secara interaktif atau dua arah, di mana saat guru menjelaskan di depan kelas pada bidang proyeksi siswa dapat melihat dan merespon pada saat yang sama.

“Koneksi proyektor Interaktif EB-1485Fi tersedia dengan pilihan menggunakan kabel HDMI maupun menggunakan koneksi nirkabel (iProjection/miracast),” Zanipar. Selain itu, Epson juga memiliki perangkat tambahan atau disebut Epson Document Camera ELPDC21 yang berfungsi sebagai kamera untuk menampilkan mendokumentasikan pada saat guru memberikan materi dan dapat dikirimkan langsung melalui surel atau dicetak dengan printer multi fungsi Epson WF-C579R.

Skenario ke dua adalah pembelajaran tatap muka dengan protokol Covid-19. Jaga jarak akan memberikan efek pembatasan jumlah siswa didalam setiap kelas. Epson EB-1485Fi memiliki fitur screen sharing buat proyektor terhubung melalui jaringan LAN sehingga proyektor dapat menampilkan materi yang sama. Sehingga guru atau dosen dapat mengajar untuk jumlah siswa yang sama di satu waktu tapi pada dua ruangan yang terpisah.

“Pada proyektor interaktif EB-1485Fi, Epson menggunakan sumber cahaya laser dengan tingkat kecerahan warna (CLO) dan kecerahan warna putih (WLO) sebesar 5000 Lumens dengan usia laser hingga 20.000 jam, sehingga hemat perawatan,” lanjut Zanipar. Dia melanjutkan, produk ini juga dilengkapi dengan teknologi 3 LCD, Proyektor Interaktif EB-1485Fi mampu menghasilkan warna proyeksi yang cerah dan nyaman di mata untuk ukuran super lebar hingga 120 inchi dengan aspek rasio 16:6 yang sangat sesuai untuk instalasi di ruang kelas dan kuliah. Dengan jarak proyeksi yang sangat dekat mampu mengurangi bayangan pada gambar proyeksi dan tidak membuat guru atau dosen silau.

Fitur Interaktif dengan pulpen interaktif dan juga layar sentuh memungkinkan Guru dan Dosen melakukan anotasi pada papan tulis digital tanpa membutuhkan papan khusus, dan langsung dapat dikirimkan melalui email kepada peserta didik. “Proyektor interaktif terbaru Epson merupakan perangkat penunjang produktivitas lengkap yang memberikan pengalaman digital tanpa batas kepada pengguna,” sambungnya.

Dengan kanvas interaktif yang sangat luas yang menawarkan warna gambar cerah pada lingkungan cahaya sekitar yang baik, proyektor Interaktif EB-1485Fi ini ditujukan untuk menginspirasi kreativitas siswa. “Sehingga keterlibatan dan pengalaman kolaboratif dapat ditingkatkan pada saat Pembelajaran Jarak Jauh. Melalui proyektor laser kami, kami bertujuan untuk menghubungkan orang dan teknologi dengan solusi untuk ide-ide, tampilan dan kolaborasi kreatif,” tutup Zanipar. (*)

-

Artikel Terbaru

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.

Seminar dan Ujian Pascasarjana Unsrat Dilakukan Online

MANADOPOST.ID— Permohonan mahasiswa untuk melakukan seminar dan ujian pada program Pascasarjana Unsrat dilakukan secara online. Hal ini dipastikan Direktur Pascasarjana Unsrat Markus Talintukan Lasut.