25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Pastikan Mekanisme Pajak, Tiga Instansi Teken BA Rekonsiliasi

MANADOPOST.ID— Kamis (28/1) kemarin, tiga instansi di Sulawesi Utara (Sulut) yakni, Pemerintah Kota Tomohon, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Manado menandatangani Berita Acara (BA) Rekonsiliasi dan Kertas Kerja Rekonsiliasi.

Penandatanganan berita acara tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 139/PMK.07/2019 sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 233/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil Dana Alokasi Umum, dan Dana Otonomi Khusus serta merupakan hasil rekonsiliasi atas penyetoran pajak-pajak pusat ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN) yang telah mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN).

Penyetoran ini adalah pajak yang dipungut oleh Bendahara Umum Daerah (BUD) Kota Tomohon periode Juli sampai dengan Desember 2020 sebesar Rp 19.325.769.562.

Dalam sambutannya Kepala BPKPD Kota Tomohon Gerardus Mogi menyampaikan apresiasi kepada KPP Pratama Manado dan KPPN Manado atas kerja sama yang baik dalam proses rekonsiliasi.

“Rekonsiliasi ini untuk memastikan besaran pajak dan mekanisme pemungutan telah sesuai,” katanya usai penandatanganan di Mercure Manado Tateli Beach Resort dan Convention, kemarin.

Sementara itu, Kepala KPPN Manado Wayan Juwena, menambahkan, rekonsiliasi ini merupakan hasil pengelolaan anggaran yang baik sehingga bermanfaat untuk masyarakat Kota Tomohon.

Di tempat yang sama, Kepala KPP Pratama Manado Devyanus Polii menuturkan, BUD Kota Tomohon sebagai Wajib Pajak telah memberikan kontribusi untuk penerimaan negara melalui pengelolaan keuangan yang baik.

Dia mengingatkan kepada SKPD untuk menerbitkan Bukti Potong 1721 A2, agar pegawai dapat segera menyampaikan SPT Tahunan.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan kerja sama Pemerintah Daerah dengan unit Kementerian Keuangan terus terjalin untuk kesejahteraan bersama melalui pengelolaan keuangan negara yang baik,” tutupnya. (ayu)

Artikel Terbaru