23C
Manado
Minggu, 11 April 2021

121 Ribu WP Pribadi Sulut Belum Lapor SPT

MANADOPOST.ID— Tiga hari lagi, batas waktu pelaporan SPT Tahunan bagi Wajib Pajak (WP) orang pribadi akan berakhir. Tepatnya, Rabu (31/3).

Berdasarkan data yang dibeberkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Suluttenggomalut realisasi pelaporan SPT Tahunan seluruh KPP Pratama se Sulut, khusus untuk WP orang pribadi baru sebanyak 98.295 dari total 219.738.

Artinya sebanyak 121.443 WP orang pribadi belum lapor SPT. Pun dengan WP badan. Dari total wajib SPT sebanyak 15.446, yang lapor baru di angka 1.888 (lihat grafis). (Data per 24 Maret, 2021).

Menyikapi realisasi ini, Kepala Kantor Wilayah DJP Sulutenggomalut Dodik Samsu Hidayat mengajak semua WP yang ada di Sulut agar dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melaporkan SPT Tahunannya.

“Mengingat batas waktu pelaporan untuk WP Orang Pribadi 31 Maret dan 30 April untuk WP Badan,” katanya mengingatkan.

Dia pun menyarankan, semuaa Wajib Pajak dapat melaporkan SPT Tahunan secara online melalui e-filing dengan mengakses situs www.pajak.go.id. Lapor pajak #LebihAwalLebihNyaman #LaporPajakHariIni #EfilingAja #SelaluPatuh.

Diketahui, sebelumnya, dia menyebutkan, tahun ini DJP Suluttenggomalut menargetkan penerimaan pajak dari Sulut sebesar Rp 3,59 triliun. “Tahun ini bahkan se kantor wilayah, kami diberi target 10,36 triliun dibanding tahun kemarin ini meningkat 17 persen atau sekira 1,5 triliun. Ini cukup besar dan berat dengan kondisi sekarang. Karena kondisi ekonomi yang belum pulih,” ungkapnya.

Namun, dia optimis target tersebut bisa terapai dengan kinerja dan kesadaran para WP. “Kepatuhan penyampaian SPT tahunan 2020 sangat bagus, kami berhasil meraih peringkat pertama nasional. Jadi kesadaran masyarakat cukup tinggi. Dari 534 ribu seluruh Kanwil yang ditargetkan, kami berhasil mengumpulkan sekira 482 ribuan atau sekira 90,35 persen,” terangnya.

Dia membeber posisi hingga 1 Maret kemarin, Kanwil Sulutenggomalut berhasil mengumpulkan pajak sekira 1,35 triliun atau 13,12 persen. Untuk Sulut sebanyak 438 miliar. “Ini cukup bagus, posisi ini menempati peringkat 3 nasional. Tentu ini karena kontribusi masyarakat wajib pajak yang tinggi,” imbuhnya.

Mantan Kasubdit KUP Direktorat Peraturan Perpajakan I ini menambahkan, untuk meningkatkan SPT tahunan awal tahun ini, pihaknya melakukan jemput bola ke instansi yang pegawai nya cukup besar. “Harapannya tentu ini akan menambah kepercayaan masyarakat untuk melaksanakan SPT tahunan di 2021. Minggu depan kami akan mulai koordinasi dengan forkopimda. Mereka masing-masing akan kami datangi. Dalam giat pekan panutan untuk kepala daerah,” timpanya.

Dia mengatakan, hasil maksimal sangat mungkin dicapai dengan potensi di daerah yang sangat besar. Didalamnya di Sulut yakni emas dan cengkeh atau perkebunan. “Kami akan gali ini untuk pencapaian di tahun ini. memang sektor pariwisata tidak memungkinkan untuk diharapkan sebab pandemi covid-19 yang ada,” tandasnya. (ayu)

Artikel Terbaru